Media Banjarmasin
Home Berita Para Pemimpin Global Menunjukkan Janji Mereka untuk Mengupayakan Perdamaian Global

Para Pemimpin Global Menunjukkan Janji Mereka untuk Mengupayakan Perdamaian Global

Lebih dari 1.800 orang dari 121 negara, termasuk Amerika Serikat, Filipina, Ukraina, Afrika Selatan, Pakistan, Thailand, Rumania, dan India, menghadiri Peringatan 9 Tahun KTT Perdamaian Dunia HWPL tanggal 18 September yang diadakan di Korea Selatan, mulai tanggal 18 sampai 21 September.

Dalam acara yang bertema “Implementing a Multidimensional Strategies for Institutional Peace” (Menerapkan Strategi Multidimensi untuk Perdamaian Institusional), para pemimpin dan pakar di bidang hukum internasional, agama, pendidikan, pemuda, perempuan, dan media berpartisipasi dalam sekitar 30 sesi selama empat hari. Para peserta terlibat dalam diskusi, disesuaikan tidak hanya berdasarkan bidangnya tetapi juga berdasarkan negara, mengenai strategi yang praktis dan layak untuk membentuk hukum internasional yang mengikat secara hukum untuk perdamaian.

“Perang bisa berakhir hanya jika kita semua menjadi pembawa pesan perdamaian, baik di rumah maupun di sekolah.” Hasil yang dibahas dalam setiap sesi diharapkan dapat mempercepat pengembangan inisiatif perdamaian,” tegas Ketua HWPL Man-hee Lee.

 

Pelembagaan Perdamaian Terwujud di Mindanao, Filipina, Negeri yang penuh konflik selama 40 tahun

Filipina ditampilkan sebagai contoh negara di mana pelembagaan perdamaian paling aktif dilakukan. Pada tanggal 18, Yth. Ahod B. Ebrahim, Al haj, Ketua Menteri Daerah Otonomi Bangsamoro di Muslim Mindanao (BARMM, Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao) dari Filipina, mendeklarasikan berakhirnya konflik selama puluhan tahun di Mindanao. Ia berkata, “Bangsamoro kini menjadi tanah perdamaian, kemakmuran, dan keadilan di mana umat Islam, Kristen, Masyarakat Adat, dan saudara-saudari Lumad kita hidup berdampingan dan hidup dalam harmoni.”

Sebagai mediator internasional antara pihak-pihak yang berkonflik, HWPL terlibat dalam perjanjian perdamaian tingkat sipil di Mindanao pada tanggal 24 Januari 2014 dan memimpin kampanye sipil untuk meningkatkan kesadaran akan perdamaian. 18 monumen perdamaian dan 32 perpustakaan perdamaian telah didirikan secara nasional, dan pendidikan perdamaian di seluruh negeri telah diperkenalkan untuk mengembangkan perdamaian sebagai budaya melalui kemitraan dengan lembaga-lembaga pendidikan termasuk Komisi Pendidikan Tinggi (CHED, Commission on Higher Education).

 

Pelembagaan Perdamaian melalui Dasar Hukum

Pada tahun 2016, Deklarasi Perdamaian dan Pengakhiran Perang (DPCW, Declaration of Peace and Cessation of War) diproklamasikan untuk mengadvokasi hukum internasional untuk perdamaian dengan prinsip resolusi konflik dan partisipasi publik. DPCW telah memperoleh dukungan dari sekitar 900.000 organisasi masyarakat sipil di 176 negara, organisasi internasional termasuk Parlemen Amerika Tengah dan pemerintah. HWPL mengumumkan dalam laporan kemajuan bahwa mereka berencana untuk memperkenalkan DPCW ke PBB.

Dalam konferensi DPCW pada KTT Perdamaian 2023, dibahas mengenai pembuatan pedoman dasar penyusunan amandemen yang dapat mengubah undang-undang dalam negeri menjadi undang-undang yang memuat asas perdamaian. Para peserta termasuk Bapak Ninsoh Theophile Touhou, Direktur Jenderal Rekonsiliasi, Kementerian Rekonsiliasi dan Kohesi Nasional Côte d’Ivoire mengatakan bahwa mereka akan melakukan upaya untuk mempromosikan DPCW ke setiap negara dan menerima dukungan nasional.

“DPCW bertujuan untuk melengkapi Piagam PBB secara signifikan, sehingga semakin memperkuat prinsip-prinsip hukum internasional yang telah ditetapkan untuk perdamaian dunia dan pengakhiran perang. Dengan sistem perdamaian yang dilembagakan melalui DPCW, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Piagamnya, Majelis Umum, Dewan Keamanan, dan banyak Departemen dapat menjadi lebih siap menghadapi tantangan-tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan bentuk-bentuk konflik yang terus berkembang yang mungkin timbul seiring berjalannya waktu, pada akhirnya berupaya menuju masa depan yang lebih penuh harapan dan hidup berdampingan secara harmonis dalam damai,” kata Prof. Teodor Melescanu, Mantan Menteri Luar Negeri Rumania.

 

Komunikasi Antar Umat Beragama untuk Perdamaian

Sejak tahun 2014, HWPL telah mengoperasikan Kantor Perdamaian Aliansi Agama Dunia (WARP, World Alliance of Religions’ Peace) di seluruh dunia untuk meningkatkan pemahaman antar agama, mencegah konflik yang disebabkan oleh agama, dan mengupayakan peran agama bagi perdamaian. Hal ini mencakup studi komparatif kitab-kitab suci yang dilakukan oleh para pemimpin agama, kemah perdamaian agama yang meningkatkan rasa hormat dan pemahaman di kalangan generasi muda dari berbagai latar belakang agama, dan Komite Perdamaian Solidaritas Agama-agama HWPL, yang menyampaikan pesan-pesan persatuan tentang perdamaian kepada dunia sebagai pemimpin agama dunia.

Akademi Perdamaian Agama (RPA, HWPL Religious Peace Academy) HWPL diperkenalkan untuk memperdalam pertukaran dan pemahaman pengetahuan agama melampaui tingkat dasar pemahaman kitab suci agama yang berbeda. Sebagai bagian dari inisiatif ini, rangkaian ceramah RPA yang dibawakan oleh para pemimpin agama Kristen, Islam, Hindu, dan Buddha telah menarik perhatian 1.500 perwakilan agama di seluruh dunia sejak awal tahun ini. Dalam pertemuan puncak ini, kuliah khusus RPA terbuka bagi peserta untuk meningkatkan dialog antaragama.

 

Pendidikan Perdamaian “Melampaui Sekolah”

Pendidikan Perdamaian HWPL juga aktif beroperasi agar generasi-generasi mendatang dapat menjadi warga perdamaian yang memupuk semangat perdamaian dan memelihara dunia yang damai. HWPL menyediakan kurikulum dan buku teks pendidikan perdamaian ke 93 negara di seluruh dunia, dan telah menandatangani MOA dengan kementerian pendidikan dan pendidikan tinggi di 12 negara, dan menandatangani MOU dengan 385 institusi pendidikan di 52 negara.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa kesempatan pendidikan harus diberikan kepada masyarakat yang bukan pelajar yang tergabung dalam lembaga pendidikan. “Anak-anak masa kini adalah pemimpin masa depan kita; mereka perlu belajar ‘menghargai keberagaman dan harmoni’ serta ‘hidup berdampingan dan berkelanjutan’. Pendidikan perdamaian akan mempersiapkan anak-anak kita untuk menyelesaikan masalah global secara damai dan tumbuh menjadi warga perdamaian dan pemimpin perdamaian di masa depan, yang dapat mengubah dunia menjadi dunia yang damai,” kata Yang Mulia Shahid Khaqan Abbasi, mantan Perdana Menteri Pakistan.

 

Pendekatan Kebijakan untuk Menyebarkan Budaya Damai

Pada tanggal 19, diadakan diskusi meja bundar dengan 16 ahli di bidang kebudayaan dan seni, termasuk menteri, anggota komite nasional UNESCO, dan profesor untuk membahas kasus-kasus implementasi kebijakan dan rencana masa depan untuk mengembangkan perdamaian di bidang budaya. Dalam acara tersebut, diusulkan sebuah badan konsultatif internasional yang terdiri dari para ahli untuk merancang kebijakan guna mempromosikan budaya damai. “Timor-Leste berpartisipasi dalam acara ini dengan tujuan untuk belajar dari negara-negara lain yang memiliki pengalaman lebih relevan dan dapat membantu kita menjadi lebih efektif dan efisien dalam mempromosikan dan melembagakan perdamaian sebagai warisan masa depan” kata Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Budaya, Dr. José Honório da Costa Jerónimo.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad