Banjarmasin – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui Integrated Terminal (IT) Banjarmasin menerima penghargaan di ajang Indonesia Green Awards 2023 yang diserahkan oleh penggagas IGA yaitu Chairman The La Tofi School of CSR La Tofi di Hotel Kempinski Jakarta pada Rabu (22/2) lalu.

La Tofi mengungkapkan, IGA merupakan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas. “Perusahaan menyisihkan sebagian dari laba perusahaan untuk mengelola kegiatan CSR, sehingga masyarakat mampu merasakan manfaat dari setiap perusahaan,” ungkap La Tofi.

Dua Penghargaan diraih oleh IT Banjarmasin yang pertama pada kategori Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu dan Program Pengembangan Wisata Konservasi Alam dengan mengangkat Program Pengelolaan Sampah Non B3 Untuk Menjaga Lingkungan dan Memelihara Bumi. Program ini telah berjalan sejak tahun 2018 yang memanfaatkan limbah non B3 berupa barang bekas dan eceng gondok, timbunan sampah plastik serta berbagai barang tidak termanfaatkan di sekitaran area perairan jety IT Banjarmasin.

Selain itu pada kategori Pengembangan Wisata Konservasi Alam, IT Banjarmasin mengembangkan Ekowisata Mangrove Rambai Center, dimana dalam ekowisata ini dikembangkan mengenai restorasi lahan basah dengan bentang alam mangrove rambai serta Pulau Curiak yang merupakan habitat bekantan. Kegiatan ekowisata ini juga menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan desa wisata oleh Kelompok Sadar Wisata setempat.

Di lokasi terpisah saat ditanya, IT Manager Banjarmasin Titon Srihardian menyampaikan ucapan terima kasih kepada La Tofi School of CSR yang telah memberikan penghargaan kepada IT Banjarmasin, dan rasa bangganya kepada seluruh pekerja IT Banjarmasin karena telah berkontribusi dalam implementasi program.

Pada kesempatan yg berbeda, Area Manager Comm, Rel & CSR Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra menyampaikan Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui unit usahanya yaitu IT Banjarmasin mendapatkan raihan penghargaan ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam mewujudkan keberlanjutan bisnis perusahaan dalam jangka panjang, serta sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs).

Rel

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *