Luwuk, 18 Maret 2023. Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), Dian Siswarini meresmikan proyek pembangunan masjid dan sarana pendukungnya di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Proyek pembangunan masjid telah siap pakai dan berlokasi di Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk. Proyek ini dibangun sejak Desember 2022, dengan menggunakan dana dari manajemen dan karyawan XL Axiata. Hadir dalam peresmian ini antara lain Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kab. Banggai, Sulawesi Tengah, Drs. Zainal Abidin Ali Hamu. Ma.​, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, H. Suardi Kanjai, S.Ag., M.Pd., Ketua Muhammadiyah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Dr. Anang S Otoluwa​, Direktur Utama Inisiatif Zakat Indonesia, Wildhan Dewayana, Camat Luwuk Kab. Banggai, Sulawesi Tengah, Bapak Irfan Milang, S.Sos., Ryyld Ipbtas Yusri Group Head People Services & Facility Management, Ketua Majelis Taklim XL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya dan tokoh masyarakat setempat.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir mengatakan “Selamat atas selesainya pembangunan Masjid Kartini Soenantara, dan terimakasih saya ucapkan kepada XL Axiata dan Laznas Inisiatif Zakat Indonesia yang telah membangun kan masjid untuk masyarakat kami di kelurahan Luwuk Kecamatan Luwuk, semoga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kelurahan Luwuk, dan saya menghimbau kepada masyarakat agar menjaga dan merawat masjid yg dibangun, agar bisa terus bermanfaat untuk generasi selanjutnya”

Dian Siswarini mengatakan,”Alhamdulillah, pembangunan masjid telah selesai dibangun untuk kepentingan masyarakat desa dan sekitarnya. Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu realisasi pembangunan program wakaf ini. Suatu kebanggan tersendiri bagi manajemen dan karyawan XL Axiata bisa langsung membangunkan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Semoga masjid ini membawa manfaat bagi masyarakat kelurahan Luwuk dan sekitarnya.”

Dian menambahkan dana wakaf ini berasal dari manajemen dan karyawan XL Axiata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.  XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang berkelanjutan.  Pembangunan masjid ini merupakan salah satu program besar XL Axiata yang dilaksanakan melalui Majlis Taklim XL Axiata (MTXL) dibawah program proyek pembangunan Infrastruktur yang telah dilaksanakan sejak 2021.  Selain proyek pembangunan Infrastruktur, MTXL juga terdapat program social entrepreneurship.

Direktur Utama Insiatif Zakat Indonesia Wildhan Dewayana, ST, MSi menambahkan, Masjid ini sudah di bangun dengan penuh kebersamaan dan semangat antara pihak XL Axiata, Pemerintah, masyarakat dan IZI. Mudah mudahan bisa berlanjut untuk kegiatan kemasyarakatan yang bisa membawa manfaat untuk lingkungan sekitar masjid “

Masjid ini dibangun diatas lahan seluas 225 meter persegi terdiri dari 2 lantai, dengan total luas bangunan 392 meter persegi.  Lahan yang digunakan untuk mendirikan masjid merupakan tanah milik warga sekitar, yaitu Ibu Ratna Lantamu yang telah mewakafkan tanah tersebut untuk didirikan sebuah masjid dan lahan tersebut sudah mempunyai Akta Ikrar Wakaf (AIW) dari KUA setempat.  Masjid ini dapat menampung lebih dari 500 jamaah dengan dilengkapi fasilitas antara lain mimbar kayu, CCTV, sound system, Wi-fi, ruang serba guna, toilet, ruang marbot dan tempat wudhu.

Wakaf merupakan salah satu program rutin Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) yang menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan. Program pembangunan masjid  ini bekerjasama dengan IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) dan GNE (Garuda Nusa Engineering)

 

Bupati Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah Bapak H. Amirudin mengatakan,“mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dian Siswarini selaku Presiden Direktur dan CEO XL Axiata dan juga Bapak Wildhan Dewayana selaku Direktur Inisiatif Zakat Indonesia atas dibangunnya Masjid Kartini  Soenantara di Kelurahan Luwuk Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai, sekali lagi saya ucapkan terima kasih.”

Selama 2 tahun terakhir XL Axiata melalui MTXL telah melaksanakan 2 program besar dengan beragam proyek bantuan, yaitu:

 

Proyek Infrastruktur MTXL:

  • Renovasi Madrasah di Pontianak, Kalimantan Barat, proses pembangunan sedang berjalan
  • Pembangunan Jembatan di Padang Tikar, Kalimantan Barat yang sedang berjalan
  • Renovasi sekolah di Langkat, Sumatera Utara
  • Air besih di Banyuasin, Sumatera Selatan
  • Jembatan di Banyuasin, Sumatera Selatan
  • Rumah ibadah (Masjid Soetiman) di Aceh
  • Air siap minum di 5 masjid Bandung, Jawa Barat
  • Rumah ibadah (Masjid Sadiah Binti Haddad Gandadiwirja) di Magetan, Jawa Timur
  • Renovasi rumah di Tuban, Jawa Timur
  • Covid-19 Mobile Laboratory Diagnostic di Jakarta
  • Fasilitas listrik di Sebongkup, Kalimantan Barat
  • Jembatan di Lebak, Banten

 

Proyek Social Entrepreneurship:

  • Budidaya hewan ternak di Sulawesi Tengah
  • Keterampilan menjahit di Kalimantan Timur
  • Smart Farm ikan gurame di Yogyakarta
  • Jembatan di Banyuasin, Sumatera Selatan
  • Air Bersih di Banyuasin, Sumatera Selatan
  • Smart eko wisata di Lampung
  • Air siap minum di 5 masjid Bandung, Jawa Barat
  • Depot air isi ulang di Jawa Timur
  • Smartfarm academy di Oku, Sumatera Selatan
  • Budidaya ayam petelor di Lamongan
  • Jembatan lebak di Banten
  • Fasilitas listrik di Kalimantan Kalbar

 

Program XL Axiata Baik di Luwuk

Bersamaan dengan peresmian Masjid di Kabupaten Banggai, XL Axiata juga melaksanakan program XL Axiata Baik di SMK Negeri 1 Luwuk dan Yayasan Pesantren Alkhairaat.  Program XL Axiata Baik ini merupakan salah satu program XL Axiata dimana karyawan diberikan kesempatan untuk memberikan ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat.

Pada kesempatan kali ini, karyawan mengajar kepada SMK Negeri 1 Luwuk yang dilakukan sejak Februari 2023 dan dimonitor selama 1 bulan hingga Maret 2023. Adapun materi yang diberikan kepada siswa di SMKN 1 antara lain internet sehat, content writer untuk Blog dan cara membuat foto yang menarik.  Selain pelatihan yang diberikan, program ini juga melaksanakan Lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an di Yayasan Alkhairaat yang di ikuti oleh siswa-siswi MA dan MTS yang di mulai 25 feb 2023 sampai dengan 11 maret 2023, dan Lomba Pembuatan Website di SMKN 1.  Yang terakhir program ini juga memberikan bantuan dana tunai, laptop dan Wifi untuk fasilitas sekolah dan Pesantren Alkhairaat.

Ryyld Ipbtas Yusri mengatakan, Pemilihan Kabupaten Banggai sebagai tempat dilakukannya program XL Axiata Baik adalah untuk bersamaan dengan pembangunan Wakaf Masjid Kartini Soenantara yang telah dilakukan.Harapannya agar lebih banyak kegiatan baik yang dilakukan secara bersamaan agar lebih banyak manfaat yang diterima oleh masyarakat sekitar.

Pada kesempatan ini juga, XL Axiata Baik mengumumkan pemenang di setiap lomba baik pembuatan website di SMKN 1 dan Lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an di Yayasan Alkhairaat.  Terdapat pemenang pembuatan Website terbaik, website terfavorit dan siswa teraktif untuk SMKN 1 Luwuk. Dan pemenang Musabaqah Hifdzil Qur’an kategori senior dan junior untuk Pesantren AlKhairaat.

Pada tahun 2023 ini program XL Axiata Baik sudah melakukan beberapa hal selain di Kabupaten Luwuk, antara lain nonton bareng karyawan XL Axiata dengan anak-anak yatim di Bogor pada bulan Januari 2023 dan program donor darah oleh karyawan XL Axiata pada awal maret 2023 lalu di Jakarta.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *