oleh

Minat Jadi Panwascam Kota Banjarmasin Cukup Tinggi

-Berita-377 Dilihat

Banjarmasin – Minat warga Kota Banjarmasin menjadi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam atau Panwascam) ternyata cukup tinggi.

Koordinator Divisi Humas dan Data-Informasi Bawaslu Kota Banjarmasin, Drs Munawar Khalil mengungkapkan hal itu kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Indikasinya, lanjut Khalil, di hari pertama ini, Rabu, begitu pendaftaran yang Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota Banjarmasin buka, tidak kurang dari 27 pendaftar yang datang langsung ke sekretariat. Enam di antaranya adalah perempuan.

“Bahkan beberapa di antaranya lagi datang untuk mengambil formulir dan ada pula yang minta informasi sekitar persyaratan,” ujarnya.

Menurut Khalil, pihaknya berharap esok, Kamis hingga tanggal 27 September nanti akan terus ada yang mendaftar. “Semakin banyak yang mendaftar akan semakin baik dan tentu kita akan lebih berpeluang memilih calon terbaik yang dari yang baik,” harap mantan Wakil Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalsel tersebut.

Khalil menjelaskan, nantinya para calon akan menjalani tahapan seleksi administrasi, test CAT, hingga wawancara.

Dia menjelaskan, Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar.

Dengan CAT, sambungnya, nilai seseorang akan langsung diketahui terutama oleh pelamar.
“Begitu kan lebih transparans dan kita akan cari 30 orang, setelahnya disaring lagi melalui wawancara semacam fit and profer test untuk memilih 15 yang terbaik, sesuai jumlah kecamatan di Kota Banjarmasin, masing-masing kecamatan untuk tiga orang komisioner atau panitia pengawas pemilu kecamatan,” urai mantan PNS di Sekretariat KPU Prov Kalsel ini. (mun)

niko

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.