oleh

Peserta Rakerprov IMI Kalsel Antusias dapat Pembekalan Inter Personal Skill

-Olahraga-483 Dilihat

BANJARBARU – Peserta Rapat Kerja Provinsi Ikatan Motor Indonesia Kalimantan Selatan (Rakerprov IMI Kalsel) mendapatkan pembekalan inter personal skill dari Ketua Harian IMI Kalsel Kombes Pol Widiatmoko SH SIK.

Perwira menengah Mabes Polri ini menegaskan, interpersonal skill penting ditekankan kepada anggota IMI Kalsel. Dengan dipahaminya inter personal skill maka seseorang diharapkan mampu berkomunikasi, berinteraksi, membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain dalam berbagai keadaan dan situasi.

“Anggota IMI Kalsel yang nota bene sebagian besar adalah penghoby otomotif, atlet pembalap perlu dibekali kemampuan inter personal skill, dengan harapan anggota IMI Kalsel bisa berorganisasi  dengan baik. Mampu berkomunikasi dengan dan memiliki sikap saling menghargai. Dan tak menonjolkan ego pribadi, anggota akan saling mendukung dan mengayomi. Itu harapan dan tujuan pembekalan inter personal skill kepada anggota yang baru pertama kali diadakan di era Ketua IMI Kalsel H Edy Sudarmadi,” paparnya usai memberikan pembekalan peserta Rakerprov IMI Kalsel Minggu (29/5/2022).

Kata Kombes Pol Widiatmoko, inter personal skill dibutuhkan dalam berbagai keadaan dan situasi, memiliki kemampuan interpersonal tentulah penting sekali. Dalam dunia kerja, keterampilan interpersonal membuat kita mampu bekerja sama dengan orang lain entah itu rekan kerja, klien, atau atasan.

Lantas, apa manfaat keterampilan interpersonal bagi anggota IMI Kalsel? Misalnya, kemampuan interpersonal memungkinkan terjaganya hubungan yang baik dengan keluarga dan teman karena kita mampu berkomunikasi dan memahami perasaan maupun ide-ide mereka.

Kemampuan interpersonal dapat terwujud dalam taktik, tindakan, atau diplomasi yang  kita gunakan saat berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan interpersonal pula yang membuat kita mampu bersikap toleran, memiliki empati, dan menghargai orang lain.

“Bahkan, cara kita menyampaikan dan menerima kritik pun dipengaruhi oleh keterampilan interpersonal yang kita miliki,” papar Kombes Pol Widi.

Karena berkaitan dengan hubungan kita dengan orang lain, interpersonal skill dikenal juga sebagai social skill atau people skill. Menekan tentang seberapa baik kita berurusan dengan antar anggota , dengan pengurus lain, antar orang lain.

Kombes Pol Widiatmoko lantas memberikan beberapa contoh interpersonal skill, yang harus dimiliki seseorang yakni, kemampuan untuk Menyimak, Berkomunikasi secara efektif, Empati, Problem solving, Leadership

“Seseorang yang memiliki empati mampu memahami apa yang dirasakan dan dibutuhkan oleh orang lain. Tak heran bila orang-orang dengan kemampuan interpersonal ini selalu membawa suasana yang positif bagi lingkungannya, di manapun ia berada. Biasanya orang dengan empati tinggi mudah bergaul dan memiliki banyak teman,” urainya.

Widi berkata, keterampilan interpersonal ini penting sekali. Seseorang dengan orientasi problem solving yang baik biasanya memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan bernalar logis. Pula, dibutuhkan karakter ulet dalam memecahkan setiap permasalahan, apapun itu.

“Leadership adalah salah satu contoh interpersonal skill yang menintegrasikan beberapa skills sekaligus di dalamnya. Seseorang dengan leadership yang baik mampu bekerja sama dengan orang lain. Kerja tim yang biasa-biasa saja bisa menjadi kerja kolaborasi yang apik karena leadership yang baik,” katanya.

niko

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 komentar