Home Berita Selamatkan Sungai Dari Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

Selamatkan Sungai Dari Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

1 min read
0
0
107

Banjarmasin – Setiap tanggal 27 Juli Indonesia memperingati Hari Sungai Nasional, momen ini menjadi tepat untuk mengevaluasi kondisi sungai-sungai dan memberikan gambaran kompleksitas permasalahan sungai dari hulu hingga hilir, baik sungai prioritas maupun sungai non prioritas.

Menurut Karliansyah Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK, Selasa (27/7/2021) dengan mengetahui kompleksitas penyebab sungai-sungai tercemar, ini akan berujung menjadi pencemaran air dan penurunan kualitas air.

Dikatakanya, capaian dalam langkah mengurangi pencemaran air ini kemudian dituangkan melalui penilaian Indeks Kualitas Air (IKA) dalam Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH). IKA tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 0,91 menjadi 53,53 dibanding tahun 2019. Meskipun IKA mengalami kenaikan, namun belum memenuhi target RPJMN sebesar 55,1

Hal tersebut, disebabkan karena parameter utama yaitu BOD, DO, Fecal Coli yang tidak memenuhi target. “Ini menunjukkan sumber pencemaran dari kegiatan domestik masih dominan sebagai penyebab penurunan kualitas air,” ungkap Karliansyah (Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK).

Yus

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also

Bank Kalsel Martapura Vaksin Karyawan dan Masyarakat Umum

Martapura – Kantor Cabang Bank Kalsel Martapura melakukan vaksinasi Covid 19  terhad…