Home Berita Polda dan Forkopimda Kalsel Vicon Bersama Rencana Penerimaan Anggota Polri Gunakan Dana Hibah

Polda dan Forkopimda Kalsel Vicon Bersama Rencana Penerimaan Anggota Polri Gunakan Dana Hibah

3 min read
0
0
111

Banjarmasin, Polda Kalsel – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalsel menggelar video conference (Vicon) terkait Rencana Penyelenggaraan Penerimaan Anggota Polri menggunakan Dana Hibah Pemerintah Daerah, Rabu (14/4/2021) pukul 13.30 Wita.

Sejumlah pimpinan daerah pun turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung di Rupatama Polda Kalsel tersebut, diantaranya, Pj. Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Kapolda Kalsel, Pj. Sekda Provinsi Kalsel, Kepala BKD Kalsel, Kepala Bakeuda Kalsel, Wakapolda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Karo Rena Polda Kalsel, Karo SDM Polda Kalsel, serta para Kapolres/Ta Jajaran Polda Kalsel di masing-masing wilayah.

 

Pj. Gubernur Kalsel Dr. Safrizal ZA, M.Si., mengatakan, Pemprov Kalsel menyambut baik Rencana Penyelenggaraan Penerimaan Bintara Polri Polda Kalsel dengan menggunakan Dana Hibah dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota. Sebab menurutnya, Polda dan Pemprov, Pemkab/Pemkot keduanya merupakan perwakilan Pemerintah Pusat di daerah. Kapolda mewakili Polri dan Gubernur mewakili Pemerintah Pusat. Sehingga jalinan harmonis harus dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kalimantan Selatan.

Terkait rencana penerimaan anggota Polri, pihaknya bercita-cita agar pemuda pemudi Kalimantan Selatan bisa ikut serta dalam akademi kepolisian.

 

Ia juga berharap penyelenggaraan penerimaan anggota Polri diwilayah hukum Polda Kalsel dilakukan dengan selektif, transparan dan profesional sehingga dapat melahirkan calon anggota Polri yang tangguh dan bertanggungjawab dan siap ditugaskan dimana saja di seluruh wilayah. “Oleh karena itu saya akan instruksikan kepada Bupati/Walikota hingga Camat untuk mencari calon-calon anggota Polri dari SMA-SMA di seluruh Kalimantan Selatan,” kata Pj. Gubernur Kalsel Dr. Safrizal ZA, M.Si.

Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. pada kesempatannya mengatakan rencana untuk menjaring pemuda pemudi Kalimantan Selatan sebagai calon anggota Polri dilakukan dengan maksud untuk memberikan kepercayaan seluruh masyarakat bahwa seleksi pendidikan atau rekrutmen di lingkup kepolisian sudah dilakukan dengan prinsif bersih, transparan, akuntable dan humanis (BETAH).

Kemudian prinsif itu juga ditambah lagi dengan Clean and clear, artinya tidak satu pun kendala bagi seluruh pemuda-pemudi untuk mengikuti seleksi ini, ketika semuanya sudah memenuhi persyaratan. Sehingga pameo ‘Suap’ dalam rekrutmen anggota polisi harus disingkirkan jauh-jauh. “Oleh karena, jauh-jauh hari sudah kita mempersiapkan dengan melibatkan Pemerintah Daerah, bagi pemuda-pemudi yang berkeinginan mengikuti pendidikan di lingkungan kepolisian, setidaknya bisa mengurangi angka pengangguran.

Rel

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Selamatkan Rakyat dari Covid-19, Kapolri Minta Jajaran Terus Edukasi Soal Larangan Mudik

Polda Kalsel, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan beberapa pejabat n…