Home Berita BKN dan BNN RI Selenggarakan Tes CPNS Berbasis CAT

BKN dan BNN RI Selenggarakan Tes CPNS Berbasis CAT

4 min read
0
0
83

Dalam rangkaian seleksi CPNS tahun ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan psikotest dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), di kantor pusat BKN, Jakarta Timur, Selasa (1/9/2020).

Seleksi di kantor BKN Jakarta kali ini diikuti 93 orang pelamar sedangkan ratusan peserta lainnya akan mengikuti tes di 26 kota yang berbeda sesuai jadwal yg di tentukan.

Menurut Karo Humas dan Protokol BNN RI Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan bahwa kegiatan tes pada hari ini menerapkan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat. Sebelum memasuki area registrasi, peserta harus melewati bilik pengukur suhu.

Dari 93 pelamar di BNN, terdapat satu peserta yang memiliki suhu tubunya 38 derajat celcius. Bagi pelamar dengan kondisi suhu di atas normal dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dan tetap dapat mengikuti ujian di tempat terpisah.

Di tempat registrasi, para petugas kembali melakukan verifikasi dokumen para peserta. Setelah dinyatakan lengkap dan valid, seluruh peserta diarahkan untuk meletakkan semua barang bawaannya di dalam loker kecuali kartu identitas dan pensil. Kemudian, mereka menunggu di ruang sterilisasi untuk selanjutnya mendapatkan giliran mengikuti tes CAT dan psikotest.

Sementara di tempat lokasi seleksi CPNS, Kabag Publikasi dan Media Sosial BNN RI, Hanny Andhika, SIK, SH, MH bersama jurnalis Budi sempat mewawancarai dua orang peserta sebelum mereka memasuki ruang ujian.

Pak Husni, salah seorang peserta dari Jakarta, mengatakan dirinya melamar posisi asesor verifikator keuangan di BNNP Papua. Persiapan serius ia telah lakukan untuk test hari ini dengan harapan ia bisa menyelesaikan test hari ini dengan maksimal. Sementara itu, peserta lainnya yaitu Gisca, mengaku antusias untuk mengikuti tes CPNS di BNN. Ia melamar posisi analis data dan kerja sama.

“Ini merupakan tes yang pertama kali kali bagi saya, semoga lulus,” ungkapnya kepada Tim Humas BNN RI.

Pelaksanaan tes CPNS tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Kini, BKN memfasilitasi seleksi kompetensi bidang CAT dan psikotes untuk penerimaan CPNS formasi tahun 2019 baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk pelaksanaan di luar negeri BKN bekerjasama dengan Kemenlu dan beberapa KBRI dan KJRI.

Dari fasilitas tersebut terdata di BKN bahwa ada 1 orang WNI yang akan mengikuti seleksi CPNS BNN di KJRI Melbourne, Australia. Jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti tes SKB dan psikotes di BNN berjumlah 342 orang. Para pelamar memperebutkan 154 formasi baik untuk penempatan di pusat maupun daerah.

Rel/MB

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Gelar Apel Pasukan, Polresta Banjarmasin Siap Amankan Lebaran dan Minta Tak Ada Takbir Keliling

Polda Kalsel, BANJARMASIN-Sebagai langkah kesiapan pengamanan menyambut malam Hari Raya Id…