Home Berita Polsek Kintap Gencar Sosialisasi Tentang Ancaman Karhutla

Polsek Kintap Gencar Sosialisasi Tentang Ancaman Karhutla

2 min read
0
0
69

Sebagai upaya untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau, yang diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus tahun 2020, Kepolisian Sektor (Polsek) Kintap terus gencar melakukan sosialisasi karhutla kepada masyarakat.

 

”Sosialisasi mengenai karhutla ini terus kami lakukan dengan mengedepankan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kintap Polres Tanah Laut Polda Kalsel. Mereka menyambangi rumah-rumah warga untuk memberitahukan mengenai larangan Karhutla, ”ucap Kapolsek Kintap Iptu Endris Ari Dinindra, SIK, Senin (10/8/2020).

 

Dikatakannya, sosialisasi  dilakukan tersebut merupakan penanggulangan karhutla, sehingga diharapkan akan mampu memberikan pemahaman dan kesadaran hukum, agar seluruh masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan, karena hal ini dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

“Anggota Polsek Kintap memberitahukan mengenai ancaman pidana bagi siapapun yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan. Ini tertuang dalam KUHP Pasal 187 dan 188, serta Undang-Undang (UU) Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan pasal 78, dengan ancaman hukuman pidana paling lama 15 tahun penjara dan denda Rp5 miliar,” jelasnya.

 

Dengan sosialisasi yang kami lakukan, maka masyarakat akan semakin sadar, paham, dan mengerti resiko dari karhutla, serta bisa melakukan langkah penanggulangan. Pada akhirnya nanti, bisa menekan jumlah karhutla yang terjadi khususnya di Kecamatan Kintap.

Rel/IB

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Selamatkan Rakyat dari Covid-19, Kapolri Minta Jajaran Terus Edukasi Soal Larangan Mudik

Polda Kalsel, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan beberapa pejabat n…