Home Berita Pimpin Sidang Terbuka, Kapolda Kalsel Pastikan Seleksi Akpol dan Tamtama Polri Bersih Transparan

Pimpin Sidang Terbuka, Kapolda Kalsel Pastikan Seleksi Akpol dan Tamtama Polri Bersih Transparan

4 min read
0
0
43

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., memimpin Sidang Terbuka menuju pemeriksaan kesehatan (Rikkes) Tahap II Seleksi Penerimaan Taruna Akpol dan Tamtama Polri T.A.2020 Panda Polda Kalsel, Selasa (21/7/2020) pukul 10.00 Wita.

Kegiatan yang digelar di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel ini turut di hadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si., Irwasda Kombes Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si., Pejabat Utama Polda Kalsel, Pengawas Internal dan External, serta Perwakilan orang tua.

Kapolda Kalsel menyatakan komitmennya sekaligus memastikan proses seleksi penerimaan Taruna Akpol maupun Tamtama Polri yang sementara berlangsung berjalan bersih dan transparan. “Tidak akan ada perlakuan khusus bagi peserta seleksi Akpol maupun Tamtama, semua harus berjalan transparan serta bersih,” tegas Kapolda Kalsel.

Dalam sidang tersebut, Kapolda Kalsel juga menginstruksikan Panitia agar pelaksanaan seleksi dapat mengacu pada prinsip “BETAH” (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dengan berbasis teknologi informasi yang merupakan implementasi dari salah satu program prioritas Kapolri ke-1 (satu) yaitu Mewujudkan SDM yang unggul melalui proses rekruitmen.

“Seluruh tahapan seleksi terbuka, tidak ada perlakuan khusus terhadap peserta seleksi, semua data bisa kita pertanggungjawabkan, selain itu selalu buka kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan atau hal-hal yang tidak berkenan kepada Panitia,” jelas Kapolda Kalsel.

Menurutnya, dalam sebuah proses seleksi, pasti terdapat peserta yang lolos maupun tidak. Untuk itu ia minta dalam prosesnya nanti, peserta yang tidak lolos dapat menjadikan pengalaman sebagai bahan evaluasi untuk seleksi berikutnya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., menuturkan bahwa tujuan utama proses rekruitmen Polri yakni melahirkan personil Polri yang profesional dalam bidang tugasnya, serta dapat menjadi insan pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dengan tetap menjadi penegak hukum yang jujur dan adil dalam memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat.

Dari 95 orang peserta Taruna Akpol dan 68 peserta Tamtama Polri yang telah menjalani serangkaian tes mulai dari Pemeriksaan administrasi awal, Pemeriksaan kesehatan tahap I, Pemeriksaan Psikologi tahap I, Jasmani dan Akademik, terdapat 24 peserta Taruna Akpol (23 Laki-laki, 1 Perempuan), dan 12 peserta Tamtama Polri (9 Tamtama Brimob dan 3 Tamtama Polair) yang dinyatakan lolos mengikuti Pemeriksaan tahap II.

Bahkan selama proses seleksi tersebut, Kapolda, Wakapolda dan para Pejabat Utama Polda Kalsel terus mengikuti serta mengawasi langsung jalannya rangkaian tes yang dilaksanakan.

“Kepada para peserta seleksi selamat mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, jaga kesehatan sampai seluruh tahapan seleksi selesai. Bagi yang belum lolos, agar dijadikan evaluasi untuk bisa diperbaiki sehingga bisa berusaha pada seleksi tahun berikutnya,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H.

Rel

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Berkah Di Bulan Ramadhan, Bintara Angkatan 2013 Polda Kalsel Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat

Polda Kalsel, Banjarmasin – Bintara angkatan 2013 yang berdinas di Polda Kalimantan …