Home Berita Pilkada serentak 2020 KPU Kalsel tetapkan 9.086 TPS

Pilkada serentak 2020 KPU Kalsel tetapkan 9.086 TPS

2 min read
0
0
84

Banjarmasin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan sebanyak 9.086 tempat pemungutan suara (TPS) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Ketua KPU Kalsel Sarmuji di Banjarmasin, Jumat, mengatakan jumlah total TPS pada Pilkada serentak yang sudah dijadwalkan pada 9 Desember 2020 ini bertambah dari sebelumnya 8.709 TPS, tapi dengan adanya pandemi COVID-19 ini menjadi 9.086 TPS.

“Jadi ada penambahan 377 TPS di seluruh kabupaten/kota di provinsi ini,” tuturnya.

Sarmuji mengatakan Pilkada Serentak 2020 ini juga menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, hingga TPS disiapkan pada 13 kabupaten/kota di provinsi ini.

Menurut Sarmuji, untuk penambahan TPS di kabupaten yang tidak melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 2020 ini, maka TPS itu menjadi tanggungjawab KPU Provinsi.

“Kami (KPU Kalsel) menambah 158 TPS, biaya Pemprov untuk kabupaten yang tidak menyelenggarakan pilkada,” tuturnya.

Sebagaimana di ketahui, ujar Sarmuji, ada enam kabupaten dari 13 kabupaten/kota di provinsi ini yang tidak ikut menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 ini, yakni, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tapin, Tabalong dan Barito Kuala.

Adapun kabupaten/kota yang ikut pilkada serentak tahun ini adalah, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu, Kotabaru, Hulu Sungai Tengah dan Balangan.

“Tahapan pilkada kini sudah dimulai kembali, yakni, pada 15 Juni tadi, di mana KPU Kalsel dan KPU kabupaten/kota mulai bergerak,” paparnya.

Komisioner KPU Kalsel Edy Ariansyah menambahkan penjelasan terkait ditambahnya jumlah TPS pada Pilkada ini dikarenakan mengikuti protokol Kesehatan COVID-19, yakni, meminimalkan jumlah pemilih di setiap TPS.

Dia mengatakan rata-rata 500 pemilih per TPS, karena dalam ketentuan Pasal 87 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah, terakhir dengan PERPPU Nomor 2 Tahun 2020, yaitu “Pemilih untuk setiap TPS paling banyak 800 orang”.

Smber antara

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Selamatkan Rakyat dari Covid-19, Kapolri Minta Jajaran Terus Edukasi Soal Larangan Mudik

Polda Kalsel, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan beberapa pejabat n…