Home Techno Grouncheck Tutupan Lahan Digelar KPH Hulu Sungai

Grouncheck Tutupan Lahan Digelar KPH Hulu Sungai

1 min read
0
0
6

KANDANGAN – Pemutakhiran data diperlukan untuk mengetahui kondisi terkini dari suatu objek pengamatan. Itulah yang dilakukan KPH Hulu Sungai Kamis (14/5) lalu.

Dengan menurunkan 3 tim berjumlah 6 orang, Rudiono Herlambang, Kepala KPH Hulu Sungai memerintahkan untuk melaksanakan pemeriksaan lapangan terkait kondisi terkini tutupan lahan di lapangan sebagai pembanding data Spasial Tutupan Lahan 2018 dari KLHK.

“Fokusnya adalah tutupan lahan yang diangap semak atau belukar dan perkebunan. Periksa apakah masih berupa semak belukar atau sudah menjadi hutan kembali,” instruksinya.

Dengan bermodalkan Buku Klasifikasi Tutupan Lahan SNI 7645:2010 sebagai dasar penentuan tutupan lahan di lapangan, dilaksanakan groundcheck terhadap 11 titik pengamatan di 3 kabupaten, Tapin, HSS dan HST.

Hasilnya, 3 titik berupa hutan lahan kering dengan kondisi lahan pegunungan berbatu dan vegetasi yang bervariasi, diameter tanaman antara 10-40 cm.

Tutupan lahan ini berada di wilayah HST. Pada 5 titik lainnya tutupan lahan berupa hutan karet dan buah, berupa ladang/ pertanian lahan kering campuran tersebar di 3 kabupaten. Sisanya berupa hutan bambu dan semak belukar.

Dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun, revegetasi telah terjadi. Harapannya bisa meningkatkan indeks kualitas tutupan lahan di Kalsel.

Rel/Yus/MB

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Techno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Berkolaborasi dengan Telkomsel, MCAS Luncurkan DigiSaham: Platform Informasi Saham untuk Layani Jutaan Investor di Indonesia

JAKARTA – PT M Cash Integrasi Tbk (IDX: MCAS), perusahaan distribusi digital terdepan di I…