Home Berita Launching Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara Dihadiri Kapolda Kalsel

Launching Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara Dihadiri Kapolda Kalsel

3 min read
0
0
42

Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. menghadiri Launching Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara untuk memantau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara besutan Polda Riau diresmikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (9/3/2020) pukul 10.00 Wita.

 

Selain Panglima TNI dan Kapolri, hadir pada launching tersebut Gubernur Provinsi Riau, Pejabat Utama Mabes Polri, Pejabat Utama Mabes TNI, dan 11 (Sepuluh) Kapolda seperti Kapolda Aceh, Kapolda Sumut, Kapolda Riau, Kapolda Sumbar, Kapolda Jambi, Kapolda Sumsel, Kapolda Kalsel, Kapolda Kaltim, Kapolda Kalteng, Kapolda Kalbar, dan Kapolda Kaltara serta beberapa Pejabat lainnya.

Kehadiran Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. dalam acara peresmian penggunaan Aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang semula digunakan sebagai aplikasi untuk menangani Karhutla di wilayah Riau akhirnya dikukuhkan sebagai apliklasi Nusantara untuk penanganan Karhutla di seluruh Indonesia.

Launching aplikasi tersebut ditandai dengan penekanan tombol bersama oleh langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., Kepala BNPB, Wamen LHK, dan Gubernur Riau sebagai tanda digunakannya aplikasi ini secara Nasional.

 

Penggunaan aplikasi ini, tidak hanya di Provinsi Riau saja, namun ada sebelas Polda yang menggunakan sesuai perintah Kapolri saat kunjungan sebelumnya. Sebelas Polda itu, meliputi Polda Aceh, Polda Sumut, Polda Sumbar, Polda Jambi, Polda Sumsel, Polda Kaltim, Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Kalbar, Polda Kaltara, dan Polda Babel.

Sebelum peresmian ini, sebelas Polda ini telah mengirimkan personilnya ke Polda Riau untuk dilatih agar mampu menerapkan aplikasi Dasboard Lancang Kuning ini di Polda masing masing. Dalam acara ini juga Kapolri dan Panglima TNI berkomunikasi langsung dengan personil yang sedang bertugas memadamkan api dilapangan.

Diharapkan dengan dilaunchingnya Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara ini maka persoalan Karhutla yang setiap tahun melanda beberapa Provinsi di Indonesia dapat ditekan semaksimal mungkin.

 

Penulis : Anang Fadhilah

Editor   : Drs. Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Tim Polda Kalsel Lakukan Supervisi, Kunjungi Pos Operasi Ketupat Intan Polres HSU

Polda Kalsel, Amuntai – Bertempat di Pos Pengamanan (PAM) Terpadu Polres Hulu Sungai Utara…