Home Berita Bulan Februari Kalsel Terjadi inflasi 0,08 persen

Bulan Februari Kalsel Terjadi inflasi 0,08 persen

2 min read
0
0
62

BANJARBARU – Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalsel Ir Diah Utami mengatakan, inflasi di Banjarmasin sebesar 0,02 persen, di Tanjung 0,91 persen dan di Kotabaru tingkat inflasi sebesar 0,3 persen.
Badan Pusat Statistik mencatat, tingkat inflasi di Provinsi Kalimantan Selatan yang berasal dari gabungan Kota Banjarmasin, Kota Tanjung dan Kotabaru pada bulan Februari 2020 sebesar 0,08 persen.

Hal tersebut dikatakan, Senin (3/3/2020), kenaikan inflasi sebesar 0,08 persen terjadi karena kenaikan Indeks Harga Konsumen dari 105,33 pada bulan Januari 2020 menjadi 105,41 pada bulan Februari. Inflasi di Kalsel bulan Februari 2020 terjadi karena kenaikan indeks harga pada kelompok pengeluaran yakni kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,44 persen, kelompok kesehatan 1,45 persen.

“Komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di Kalsel antara lain bawang putih, ikan gabus, obat dengan resep dan cabai merah,” katanya.

Dipaparkan Diah, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya 0,57 persen, kelompok pendidikan 0,03 persen, kelompok penyediaan makanan minuman 0,25 persen dan kelompok perawatan pribadi 0,49 persen. Sedangkan kelompok mengalami penurunan harga yakni kelompok pakaian dan alas kaki 0,19 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar lainnya sebesar 0,04 persen.

Kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,03 persen, transportasi 1,11 persen dan kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,36 persen. Komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di Kalsel antara lain bawang putih, ikan gabus, obat dengan resep dan cabai merah.

“Komoditas yang mengalami penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi antara lain angkutan udara, ikan kembung, bersin, dan makanan ringan,” jelas Diah.

Yus/MB

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Bank Kalsel Cabang Amuntai Berikan Paket Sembako Ramadan Kepada Nasabah

AMUNTAI – Sebanyak 150 paket sembako Ramadan 1442 H, diberikan Bank Kalsel Cabang Am…