Home Berita Cegah Erosi dan Longsor, Polres Balangan Tanam Rumput Vertiver

Cegah Erosi dan Longsor, Polres Balangan Tanam Rumput Vertiver

3 min read
0
0
59

Balangan – Sebagai upaya dalam mencegah erosi dan longsor, jajaran Polres Balangan melakukan penanaman rumput vertiver di lapangan belakang Asrama Bina Rafi Bhakti, Jumat (28/2/2020).

Rumput tersebut diketahui merupakan satu jenis tanaman yang mampu menahan tanah dari erosi dan longsor apabila terkikis hujan maupun abrasi. Termasuk pula sebagai rumput yang bermanfaat untuk pencegahan banjir.

Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid, SH, S.iK, MM memimpin langsung jalannya kegiatan, jajaran PJU, Kapolsek serta Personil Polres Balangan pun terlibat dalam giat penaman tersebut.

Dalam prosesnya para Anggota Kepolisian Resor Balangan tersebut menggunakan sebatang kayu untuk membuat lubang dan kemudian menanam rumput tersebut kedalam lubangnya dengan rentan jarak sejauh 50 cm antar tumbuhan.

Tak hanya di lapangan, rumput vertiver juga ditanam pada areal samping Polres Balangan yang rentan tergerus.

 

Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, SH, S.iK, MM menjelaskan penanaman rumput vertiver memang sebagai upaya dalam penanganan erosi dan longsong. Terlebih di wilayah tersebut juga rentan adanya bencana banjir.

Dirinya menambahkan bahwa kegiatan itu juga merupakan program Kapolri, yakni penanaman rumput vertiver guna mengantisipasi bencana longsor serta mendukung penghijauan.

“Mengingat banyaknya insiden banjir maupun tanah longsor, maka Pimpinan mengarahkan agar setiap Polda hingga Polres untuk menindaklanjuti dengan menanam jenis – jenis tanaman yang sekiranya dapat menanggulangi dan mengurangi adanya insiden tersebut, oleh karenanya Polres Balangan secara responsif langsung melakukan penanaman rumput vertiver,” jelas AKBP Nur Khamid.

Selain itu, Kapolres Balangan juga akan mengarahkan pihak Polsek jajaran untuk melakukan hal serupa, sehingga upaya pencegahan tanah longsor dapat teraplikasi hingga ke wilayah pedesaan.

Bahkan pihaknya juga akan bekerjasama dengan pemerintahan, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa untuk giat penanaman tersebut.

“Ada sekitar kurang lebih 1.956 rumput yang kami tanam hari ini, untuk mendapatkan rumput tersebut sendiri tidaklah mudah karena sebelumnya kami harus terlebih dahulu memesan dari Bogor dan menunggu ketersediaan barang,” ungkap Kapolres.

Penulis : Anang Fadhilah
Editor : Drs. Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Tim Polda Kalsel Lakukan Supervisi, Kunjungi Pos Operasi Ketupat Intan Polres HSU

Polda Kalsel, Amuntai – Bertempat di Pos Pengamanan (PAM) Terpadu Polres Hulu Sungai Utara…