Home Berita FKUB Balangan Sampaikan Pernyataan Sikap Terkait Pengrusakan Tempat Ibadah di Minahasa

FKUB Balangan Sampaikan Pernyataan Sikap Terkait Pengrusakan Tempat Ibadah di Minahasa

3 min read
0
0
68

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Balangan melaksanakan kegiatan deklarasi damai untuk menyatakan sikap terkait permasalahan SARA yang terjadi di Minahasa beberapa hari yang lalu.

Kegiatan diselenggarakan di Gedung FKUB Kantor Kemenag Kab. Balangan pada hari Rabu (05/02/2020) pukul 14.30 Wita waktu setempat.

Pernyataan sikap tersebut adalah dalam rangka menjaga situasi Kab. Balangan agar tetap aman dan kondusif.

Penyampaian Kapolres Balangan pada kegiatan itu adalah untuk menindak lanjuti permasalahan SARA yang terjadi di luar daerah khususnya pengrusakan tempat ibadah Umat Islam di Minahasa, diharapkan kejadian serupa tidak terjadi di Kab. Balangan, “untuk itu saya mengajak semua Tokoh Lintas Agama di Kab. Balangan untuk dapat menetralisir situasi yang berkembang sehingga tidak berdampak di Kab. Balangan,” ucap AKBP Nur Khamid.

Saya berharap agar masyarakat juga tidak terpengaruh dengan melakukan aksi – aksi yang bertentangan dengan hukum, tambah Kapolres Balangan.

Dalam deklarasi tersebut Ketua FKUB Balangan, Kapolres Balangan, Kasat Intelkam Polres Balangan, Perwakilan Kemenag Kab. Balangan, Perwakilan Kesbangpol Kab. Balangan, Ketua FKUB Kab. Balangan, Tokoh Lintas Agama di Kab. Balangan serta Anggota FKUB menyepakati lima poin penting terkait pernyataan sikap yaitu menyesalkan permasalahan yang terjadi di Minahasa Sulawesi Utara.

Kemudian mengajak agar dalam penyelesaian masalah lebih mengedepankan dialog sehingga tidak terjadi tindakan intoleransi, setelah itu menyerahkan sepenuhnya permasalahan tersebut kepada pihak penegak hukum.

Tidak lupa agar selalu berkoordinasi antara Pemerintah dengan para Tokoh Agama, dan yang terkahir menghimbau masyarakat Kab. Balangan untuk tidak terprovokasi.

Selanjutnya kegiatan disambung dengan deklarasi damai pernyataan sikap FKUB Kab. Balangan, isinya yaitu “kami FKUB Balangan menyatakan siap menjaga kerukunan Umat Beragama, mari kita jaga persatuan dan kesatuan untuk Indonesia damai,” ucap mereka serentak.

Tak lupa, Ketua FKUB Balangan juga mengucapkan terimakasih serta apresiasi kepada pihak Polres Balangan dan elemen masyarakat lain yang telah turut serta dalam menjaga kondusifitas di Bumi Sanggam.

 

Penulis : Anang Fadhilah

Editor   : Drs. Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Tim Polda Kalsel Lakukan Supervisi, Kunjungi Pos Operasi Ketupat Intan Polres HSU

Polda Kalsel, Amuntai – Bertempat di Pos Pengamanan (PAM) Terpadu Polres Hulu Sungai Utara…