Polda Kalsel Pastikan Sarana Penanggulangan Bencana dalam Kondisi Siap

oleh -6 views

Mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), Polda Kalsel melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kontinjensi Aman Intan 2020.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. memimpin langsung Apel sekaligus Pengecekan Peralatan menghadapi bencana alam, bertempat di Lapangan Apel Mako Polda Kalsel, Kamis (9/1/2020) pagi.

Apel tersebut dihadiri Irwasda, Karo Ops, Pejabat Utama (PJU), serta personil Polri dari Dit Samapta, Dit Polairud, Dit Lantas, Satbrimob dan Bid Dokkes Polda Kalsel.

“Terimakasih dan penghargaan kepada seluruh personil yang menunjukkan kesiapsiagaan, melalui Apel Gelar Pasukan, melalui apel ini bilamana terjadi bencana alam maka dapat terdeteksi sejak dini melalui aksi kegiatan preentif, preventif, serta sinergitas dengan seluruh stakeholder terkait,” ucap Kapolda Kalsel.

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, bila bencana alam terjadi, dampaknya dapat diantisipasi maupun diatasi dengan baik. Bencana alam bersifat kontinjensi yang waktunya tidak diketahui, bencana alam juga mampu menimbulkan kerugian baik harta benda, cedera fisik, psikologi serta ancaman kehilangan nyawa bagi korbannya.

Oleh karena itu, kesiapsiagaan menghadapi bencana mutlak dibutuhkan. Sebab, pada hakekatnya penanganan bencana alam merupakan tugas pemerintah, bersama stakeholder terkait, baik Polri, TNI, Basarnas, BPBD serta komponen lainnya.

“Keterlibatan masyarakat juga tidak boleh diabaikan, khususnya dalam antisipasi bencana dan mitigasi alam. Persiapan masyarakat yang siap menghadapi bencana merupakan tanggungjawab dan prioritas,” tuturnya.

Ia melanjutkan, kesiapsiagaan personil, peralatan dan koordinasi masing-masing stakeholder terkait penanggulangan bencana sangat diperlukan.

“Sehingga dalam praktek di lapangan yang sebenarnya tidak terjadi kendala dalam penanganan bencana,” ujarnya.

Melalui apel kesiapsiagaan, Kapolda Kalsel berharap, keterpaduan kerjasama masing-masing pihak terkait dan segenap komponen masyarakat dapat dijalankan dengan baik.

“Didukung oleh kesiapsiagaan personil dan peralatan agar mampu dan siap menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana alam, sesuai dengan tujuan yang tercantum dalam rencana Kontinjensi Aman Intan 2020 di wilayah hukum Polda Kalsel,” imbuhnya.

Kapolda menuturkan, seluruh jajarannya harus siap jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

“Tingkatkan kerjasama dengan instansi terkait, dalam penanggulangan bencana yang terjadi. Selalu siapsiaga sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan siap untuk dikerahkan baik di dalam wilayah sendiri maupun wilayah lainnya,” tegasnya.

 

Penulis : Anang Fadhilah
Editor : Drs. Hamsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.