Home Berita Personel Polda Kalsel Jalani Ujian Beladiri Polri Jelang Kenaikan Pangkat

Personel Polda Kalsel Jalani Ujian Beladiri Polri Jelang Kenaikan Pangkat

3 min read
0
0
10

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar ujian Beladiri Polri bagi personel yang akan UKP (Usul Kenaikan Pangkat) per 1 Januari 2020. Ujian ini dilangsungkan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Jum’at (11/10/2019) pukul 08.00 wita.

Ujian beladiri Polri Berkala semester 2 tahun 2019 ini merupakan salah satu tahap yang harus dilalui untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi anggota Polri. Sebelumnya mereka sudah melaksanakan latihan rutin selama beberapa bulan. Semua personel yang akan naik pangkat baik personel Polda, Polres maupun Polsek setiap hari digembleng bersama.

Bagi anggota Polri beladiri bukanlah hal baru, kemampuan ini sudah diajarkan pada saat Pendidikan dulu. Ujian untuk kenaikan pangkat hanyalah instrument untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan wajib ini. Beladiri harus dikuasai setiap personel Polri ini untuk menunjang tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Ujian beladiri ini dibagi dalam beberapa materi yang meliputi teknik dasar beladiri Polri, teknik beladiri tanpa alat dan beladiri melawan alat dengan alat. Penilaian beladiri Polri mengacu pada penilaian cukup, baik dan tak memenuhi syarat.

Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Defrian Donimando, S.I.K., MH. melalui Kabag Watpers Ro SDM Polda Kalsel AKBP Dani Humardani, SH., M.Med.Kom., mengatakan ujian beladiri ini diikuti 107 orang personel Polda Kalsel, meliputi Bharatu 3 orang, Bripda 40 orang, Briptu 12 orang, Brigadir 45 orang, Bripka 5 orang dan Aipda 2 orang. Selain ujian beladiri masih ada tahapan-tahapan lain yang harus dilalui untuk dinyatakan layak dan diusulkan naik pangkat.

“Personel tidak dinaikan pangkatnya begitu saja, persyaratan administrasi harus lengkap, yang bersangkutan juga harus mengikuti beberapa tes atau ujian antara lain penelitian personel, kesamaptaan jasmani serta ujian beladiri Polri seperti yang sedang dilaksanakan pada hari ini,” ujar AKBP Dani Humardani, SH., M.Med.Kom., selaku Ketua Tim Penguji.

Penulis : Anang Fadhilah
Editor : Drs. Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Polsek Pelaihari Lakukan Dialogis dengan Warga Beri Pesan Kamtibmas

Polda Kalsel, tugas utama anggota Polri adalah pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyar…