Home Berita Kegigihan Kapolda Kalsel Dalam Padamkan Api Karhutla

Kegigihan Kapolda Kalsel Dalam Padamkan Api Karhutla

2 min read
0
0
7

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si berjibaku dengan api dan asap memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di wilayah hukum Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel).

Seperti yang terlihat pada hari Rabu (18/9/2019) pukul 15.25 Wita, dimana saat itu orang nomor satu di Polda Kalsel ini turun langsung melaksanakan pengecekan titik api dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Didampingi Danrem 101/Antasari, Wakapolda Kalsel, Irwasda, Karo Ops, Dir Samapta, Dansat Brimobda Kalsel, Kapolres Banjarbaru dan sejumlah personel Polda Kalsel yang terlibat Ops Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019, Jenderal bintang dua itu turun langsung memadamkan api yang ada di Jalan Guntung Damar Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Menurut Kapolda, penanganan Karhutla tidak hanya TNI-Polri, melainkan juga seluruh elemen baik Pemda, BPBD dan masyarakat. “Tidak mungkin seolah jadi tanggung jawab TNI-Polri dan BPBD,” ujar Kapolda.

“Titik api Karhutla tidak terlalu banyak. Namun imbas dari Karhutla di daerah lain juga berimbas kabut asap cukup besar. Tentunya itu sangat berdampak pada kehidupan manusia terutama pada anak-anak, kerusakan lingkungan, hilangnya keragaman hayati, serta terganggunya aktivitas ekonomi seperti penerbangan.

Dijelaskan, soal penegakkan hukum pembakar lahan, menjadi domain kepolisian. “Memang, selain imbas kabut asap dari daerah lain, di Kalsel juga ada kebakaran lahan juga karena ada titik api. Kita sudah berusaha menangani, dan semua perlu bergerak,” tegasnya.

 

Penulis : Anang Fadhilah

Editor   : Drs. Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Pelajar SMA di Banjarmasin Dilarang Ikut Demo UU Cipta Kerja, Jika Dilanggar Sanksinya Tidak Naik Kelas

Banjarmasin- Maraknya aksi demo menyampaikan aspirasi yang dilakukan sejumlah elemen mahas…