Home Berita Polres Tala, Menahan 1.183 Lembar STNK

Polres Tala, Menahan 1.183 Lembar STNK

3 min read
0
0
11

PELAIHARI – Sepeda motor terpaksa ditahan petugas karena pengendara tidak melengkapi diri dengan selembar surat-surat kelengkapan. Selain itu, ada pula yang ditahan sampai pemilik kendaraan mengganti knalpot brong dengan knalpot standar. Ada 12 unit motor yang diamankan karena menggunakan knalpot yang bersuara keras itu.

Operasi Patuh Intan (OPI) 2019 di wilayah hukum Polres Tala, jajaran Satlantasnya menahan 1.183 lembar STNK sebagai barang bukti pelanggaran. Sementara surat tilang yang dikeluarkan, sebanyak 1.801 lembar. Petugas juga menyita 421 SIM dan mengandangkan 197 unit sepeda motor.

Berdasarkan data dari Satlantas Polres Tala, jumlah pelanggar sebenarnya mencapai 2089. Namun 297 pelanggar, hanya diberikan teguran.

Dari 1.801 pelanggar, didominasi warga sipil yang mencapai 956 pelanggar, PNS 189, dan sisanya pelajar mencapai 435 pelanggar.

Kabag Ops Polres Tala, AKP Novy Adi Wibowo, dalam gelar perkara di Mapolres Tala, Rabu (11/9/2019), mengungkapkan, OPI 2019 merupakan operasi terpusat pengguna jalan raya yang dilakukan serentak seluruh Indonesia.

“Operasi Patuh merupakan operasi yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia selama 14 hari,” ujarnya.

Sementara Kasatlantas Polres Tala, AKP Lalu Ryan Aditya, mengatakan, Operasi Patuh Intan bertujuan untuk menekan angka fatalitas kecelakaan di jalan raya, termasuk razia terhadap anak-anak di bawah umur.

“Kecelakaan berawal dari ketidak-disiplinan pengendara saat di jalan raya, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus sampai ugal-ugalan berkendara,” jelasnya.

Operasi Patuh Intan, lanjut kasat, juga melakukan penertiban pada pemilik motor yang menggunakan knalpot brong atau kanalpot yang bersuara keras.

“Kendaraan yang menggunakan knalpot brong akan ditahan, sampai pemilik menggantinya dengan yang standar,” tandasnya.

Para pemilik kendaraan dengan knalpot brong juga diingatkan, karena kalau mereka tertangkap selain knalpot dilepas, juga dikenai sanksi maksimal Rp500.000.

Hasil giat Operasi Patuh Intan 2019 labih tinggi dibandingkan tahun 2018. Saat OPI 2018 hanya mengeluarkan surat tilang sebanyak 1409 lembar.

Penulis : Anang Fadhilah

Editor   : Drs Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Polsek Banjarbaru Barat Rutin Ingatkan Personel Patuhi Prokes

Polsek Banjarbaru Barat yang merupakan jajaran Polres Banjarbaru Kanit Provost Polsek Bara…