Home Berita Kota Banjarmasin Inflasi 0,09 Persen

Kota Banjarmasin Inflasi 0,09 Persen

5 min read
0
0
13

BANJARBARU – Bulan Agustus 2019, di Kota Banjarmasin terjadi inflasi sebesar 0,09 persen. Laju inflasi kalender tahun 2019 (Agustus 2019 terhadap Desember 2018)  sebesar 3,20 persen dan laju inflasi “year on year” adalah 4,18 persen. Komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di Kota Banjarmasin antara lain rokok kretek filter, tarip rumah sakit, rokok kretek, cabai rawit, cabai merah.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Pusat Statisik (BPS) Provinsi  Kalsel, Ir. Diah Utami,M.Sc, didampingi Kepala Bidang Statistik Distribusi Fachri Ubadiyah, SE. MP, Senin (2/9/2019), Kota Tanjung Bulan Agustus mengalami deflasi sebesar 0,74 persen. Laju inflasi kalender Tahun 2019 ( Agustus 2019 terhadap Desember 2018) terjadi inflasi sebesar 0,95 persen dan laju inflasi “year on year” adalah 1,31 persen. Komoditas yang mengalami penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi di Kota Tanjung antara lain bawang merah, jagung manis, daging ayam ras, semangka, tomat dan sayur.

“Dari 82 kota yang menghitung indeks harga konsumen, tercatat  44 kota mengalami inflasi, 38 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi di kota Kudus sebesar 0,82 persen, dan terendah di kota Pare-Parer sebesar 0,04 persen. Kota yang mengalami deflasi tertinggi di Kota Bau-Bau sebesar 2,10 persen dan deflasi terendah kota Tegal sebesar 0,02 persen,” ungkap Diah.

Diah mengatakan, bahwa Inflasi di Kota Banjarmasin bulan Agustus 2019 terjadi karena adanya kenaikan  indeks harga pada kelompok pengeluaran yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,85 persen, kelompok perumahan, air, listri, gas, bahan bakar rumah tangga sebesar 0,09 persen, kelompok sandang sebesar 1,39 persen, kelompok kesehatan sebesar 1,36 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,33 persen.

“Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di Kota Banjarmasin antara lain rokok kretek filter, tarip rumah sakit, rokok kretek, cabai rawit dan cabai merah. Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi antara lain angkutan udara, ikan gabus, udang basah, daging ayam ras, gula pasir. Di Kota Tanjung, pada bulan Agustus 2019 terjadi deflasi sebesar  0,74 persen atau terjadi penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 136,20 pada bulan Juli 2019 menjadi 135,19 pada bulan Agustus 2019,” terang Diah.

Menurut Diah, yang mengalami penurunan kelompok bahan makanan sebesar 0,69 persen, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 1,19 persen. Sedangkan deflasi di Kota Tanjung bulan Agustus lalu terjadi karena adanya penurunan  indeks harga pada kelompok pengeluaran yaitu kelompok bahan makanan sebesar 3,03 persen, kelompok  makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,05 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,16 persen,  Kelompok yang mengalami kenaikan yaitu kelompok perumahan, listrik, air, gas dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,06 persen, kelompok sandang sebesar 0,70 persen, kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,12 persen dan satu kelompok tidak mengalami perubahan yaitu kelompok kesehatan.

“Beberapa komoditas yang mengalami  penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi dikota Tanjung antar lain bawang merah, jagung manis, daging ayam ras, semangka, tomat sayur. Komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi antara lain telur ayam ras, ikan nila, emas perhiasan, daun singkong, ketimun. Di Kota Tanjung komoditas yang mengalami penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi selama bulan Agustus  lalu antara lain bawang merah, jagung manis, daging ayam ras, semangka dan tomat sayur,” sebut Diah.

ang/MB

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Operasi Yustisi Pasukan Gabungan Ke Pasar Tradisonal Cegah Covid-19

Personil Polsek Banjarbaru Barat jajaran Polres Banjarbaru, melaksanakan kegiatan Pendisip…