Polsek Gambut Lakukan Terobosan, Berikan Pelatihan Satpam Gratis untuk Warga

oleh -5 views

MARTAPURA- Terobosan Kapolsek Gambut AKP Purnoto melatih security atau satuan pengaman (satpam) patut diapresiasi. Kegiatan polsek peraih peringkat pertama dalam lomba Polsek Sebagai Basis Deteksi (PSBD) ini patut ditiru. Meski padatnya aktivitas, polsek ini masih bisa menyempatkan memberikan pelatihan kepada satpam perusahaan dan swasta lainya secara gratis.

Pelatihan satpam yang sudah berjalan satu tahun lebih ini dilaksanakan setiap hari Jumat ini tak pelak disambut gembira para satpam perusahaan yang ada di sekitar wilayah Gambut dan sekitarnya. Satpam diberikan pemahaman dalam melakukan upaya pengamanan yang baik sesuai prosedur termasuk pelatihan baris berbaris.

“Polsek Gambut memberikan pelatihan training security, rata-rata setiap hari Jumat peminat pelatihan satpam ini diikuti antara 20 hingga 30 orang satpam,” kata kapolsek enerjik dan murah senyum ini, Rabu (28/8).

Kata Purnoto, pihaknya tergerak memberikan pelatihan training satpam dalam pengamanan bersama dalam rangka kamtibmas.  Disisi lain, keberadaan petugas keamanan Satpam nyata menguntungkan bagi personil kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Kabupaten Banjar.

Saat ini jumlah personel Polsek Gambut hanya berjumlah 27 orang, untuk memback up keamanan wilayah Gambut sebanyak 12 desa dan 2 kelurahan. Tentu saja jumlah personel dinilai kurang memadai. Hal ini diakui AKP Purnoto, untuk itu karena minimnya jumlah personil polisi sehingga menjadi alasan bahwa keberadaan satpam sangat membantu petugas untuk mengamankan kondisi wilayah.

Terkait hal itu, jika dilihat jumlah rasio petugas kepolisian di Polsek Gambut, diakuinya tidak bisa menjangkau secara keseluruhan sejumlah titik rawan. Terutama, di titik vital, seperti perusahaan, sehingga, lanjutnya, keberadaan Satpam sangat membantu petugas dalam menjaga situasi keamanan wilayah.

penulis: anang

editor  : hamsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.