Home Berita Aplikasi Bekantan Ditreskrimsus Polda Kalsel Dapatkan Perhatian Tim Sekertaris Kabinet RI

Aplikasi Bekantan Ditreskrimsus Polda Kalsel Dapatkan Perhatian Tim Sekertaris Kabinet RI

2 min read
0
0
153

BANJARMASIN – Aplikasi buatan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diberi nama “Bekantan” singkatan dari “Berantas kebakaran hutan dan lahan” mendapat perhatian oleh kalangan luas.

Setelah sebelumnya aplikasi ini di monitor oleh Tim Mabes Polri, kali ini Selasa (20/8/2019) pukul 12.20 Wita, Tim Deputi Pembangunan SDM dan Kebudayaan Sekertaris Kabinet RI juga melakukan Pengecekan Posko dan Aplikasi Bekantan Polda Kalsel tersebut.

Pengecekan yang berlangsung di Posko Bekantan Dit Reskrimsus Polda Kalsel ini terkait Antisipasi Karhutla Tahun 2019 di Provinsi Kalsel dan dihadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin di damping Irwasda, Karo Ops, Dir Reskrimsus dan Kabid Propam Polda Kalsel.

Sementara Tim Deputi Pembangunan SDM dan Kebudayaan Sekertaris Kabinet RI meliputi Endang Tri Septa Kurniawati, SH, MCL (Asisten Deputi Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Perlindungan Sosial, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak), Drs. Suryadi Marhatma Putra, M.Si (Kabid Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana), Dewi Wulansari, S.A.P (Analis Kesejahteraan), dan Alfredo Gustiar, S.Sos (Analis Kesejahteraan Rakyat).

Bekantan Ditreskrimsus Polda Kalsel ini memiliki beragam fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna. Selain memberikan laporan adanya Karhutla, masyarakat juga dapat melihat Hotspot atau titik panas secara realtime karena Polda Kalsel bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kemudian ada peta area sebagai petunjuk penggunanya menuju beragam lokasi penting seperti Kantor Polisi, Posko Pemadam Kebakaran dan sebagainya. Ada juga nomor telepon penting seperti Rumah Sakit, Damkar dan Basarnas hingga seluruh Kantor Polisi dari Polres hingga Polsek tersedia.

Prinsipnya melalui Aplikasi Bekantan, Polisi akan selalu aktif dan siaga melakukan pencegahan Karhutla. Karena personil akan mendapatkan notifikasi jika ada laporan di wilayahnya terjadi Karhutla.

 

Penulis : Anang Fadhilah

Editor   : Drs. Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also

Transaksi Makin Gampang Lewat Bank Kalsel T-Money

Tingkatkan layanan digital, Bank Kalsel kini luncurkan aplikasi pembayaran digital “Bank K…