Home Berita SPN Polda Kalsel Vicon Bersama Lemdiklat Polri

SPN Polda Kalsel Vicon Bersama Lemdiklat Polri

3 min read
0
0
154

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Lemdiklat Polri melakukan video conference (Vicon) dengan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda seluruh Indonesia, Kamis (25/7/2019) pukul 09.00 wita.

Vicon tersebut juga turut diikuti oleh SPN Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dipimpin Kepala SPN Polda Kalsel Kombes Pol Didik Sudaryanto, S.H., M.H dan Perwira SPN Polda Kalsel.

Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa Lemdiklat dan seluruh jajaran Satuan Pendidikan hingga Sekolah Polisi Negara (SPN) memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan Polri. Oleh karena itu tugas sebagai pendidik merupakan tugas mulia dan tak dapat diremehkan.

Pusdik adalah pusat pembangunan budaya profesionalitas Polri. Harus bisa melahirkan, mengubah, dan membentuk personel Polri yang berintegritas, berpengetahuan, dan terampil dalam tugasnya,” jelas Kalemdikpol Polri.

Kalemdikpol Polri menjelaskan, dalam setiap proses diklat harus dilakukan internalisasi nilai-nilai moralitas untuk mengubah perilaku menjadi lebih baik. Proses peningkatan kemampuan profesionalitas sehingga menjadi lebih mahir dan terampil.

“Kalau masalah ini tidak bisa dilaksanakan maka Pusdik telah gagal menjalankan misinya. Akan percuma dilakukan modernisasi peralatan kalau sumber daya manusianya tidak dimodernisasi cara berpikir dan perilakunya yang sesuai dengan tuntutan perubahan. Ujung-ujungnya masyarakat yang jadi korban,” beber Kalemdikpol Polri.

Aspek penting lainnya, adalah leadership dan kemampuan manajerial. Para pimpinan yang amanah dan bisa memberi teladan kepada bawahan, sangat menentukan.

“Sebaik dan sepandai apa pun anggota tetapi kalau pemimpinnya nggak beres maka kebaikan anggota itu akan terkooptasi oleh buruknya leadership pimpinannya,” kata Kalemdikpol Polri.

Karena itu, di sinilah peran penting Lemdiklat Polri untuk mampu menyusun pola pendidikan yang tidak saja pada level pendidikan pembentukan dan pendidikan teknis tetapi juga pendidikan kepemimpinan bagi calon pemimpin Polri masa depan, yaitu Sespimmen dan Sespimti.

“Oleh karena itu saya gelorakan semangat kepada jajaran Lemdiklat bahwa masa depan Polri di tangan kita. Sehingga mereka akan tumbuh motivasi dan kebanggaan menjadi guru, instruktur dan pembina di Lemdik Polri. Inilah perubahan yang harus saya lakukan dalam menetapkan Paradigma Baru Lemdiklat Polri,” ujar Kalemdikpol Polri.

 

Penulis : Anang Fadhilah

Editor   : Drs. Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Check Also

Danrem 101/Ant, Jabatan Merupakan Amanah Yang Harus Dipertanggungjawabkan

Banjarmasin – Penyerahan dan Penerimaan jabatan memiliki makna penting dan strategis…