oleh

Jaga Kesegaran Jasmani, Personil Polda Kalsel Jalani Tes Kesamaptaan

-Berita, Polisi-251 Dilihat

BANJARMASIN – Untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani anggota Polri di lingkungan Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam menjalankan tugas sehari hari melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat maka Polda Kalsel melaksanakan Test Kesamaptaan Jasmani (TKJ).

Kegiatan Kesamaptaan yang dilaksanakan secara berkala dalam setiap tahunnya, untuk Semester II (kedua) dilaksanakan mulai hari Jumat 12 Juli 2019, pada pukul 07.00 wita.

Pada pelaksanaan kegiatan kali ini, Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Defrian Donimando, SIK., MH. langsung turun kelapangan untuk mengawasi pelaksanaan Kesamaptaan Jasmani hari pertama yang diikuti oleh satuan kerja (Satker) Direktorat Samapta, Direktorat Lalu Lintas, Direktorat Polairud, Direktorat Intelkam dan Direktorat Reskrimsus Polda Kalsel.

Tahapan-tahapan pada tes Kesamaptaan Jasmani ini terdiri dari lari 12 Menit, Push Up, Sit Up serta Pull Up dan Shutlle Run (Lari Angka 8). Kegiatan ini rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun, hal ini tentunya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan fisik setiap personil Polri dan menjadi tolak ukur kekuatannya setiap enam bulan sekali, Selain itu kegiatan tes kesamaptaan jasmani ini juga salah satu faktor pendukung pengembangan karier personil Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Sespimen, Sespima, Sekolah Inspektur Polisi dan Sekolah Alih Golongan serta merupakan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat.

Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Defrian Donimando, SIK., MH. yang hadir dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengukur tingkat kemampuan kesamaptaan jasmani bagi personil dan supaya para anggota tetap sehat, juga dengan adanya kegiatan kesamaptaan jasmani ini diharapkan para anggota Polri akan memahami pentingnya olahraga bagi kesehatan.

Diharapkan setiap anggota mempunyai niat bersunguh-sungguh untuk melaksanakan olahraga, disamping untuk menjaga kesehatan dan stabilitas fisik para personil. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan fisik personil Polri untuk selalu siap dalam pelaksanaan tugas kedepan.

 

Penulis : Anang Fadhilah

Editor   : Drs. Hamsan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.