Home Berita Kasatlantas Polresta Banjarmasin: Ujian Praktik Bikin SIM Baru Butuh Konsentrasi dan Keahlian

Kasatlantas Polresta Banjarmasin: Ujian Praktik Bikin SIM Baru Butuh Konsentrasi dan Keahlian

1 min read
0
0
92

BANJARMASIN – Kasatlantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo SIK menepis anggapan bahwa ujian praktek pembuatan SIM baru.

Sesuai dengan Undang Undang No.22 Tahun 2009 pasal 77 ayat 1 yang berbunyi bahwa setiap orang yang mengemudikan atau mengendarai kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki kelengkapan Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan.

 

“Adapun prosesnya meliputi ujian teori dan ujian praktik yang mana ujian tersebut memerlukan keterampilan dan konsentrasi ketika ikut tes praktik, dan selalu tertib berlalu lintas di jalan, sebagai bekal dari kelanjutan uji teori,” katanya, Kamis (27/6).

 

Kata Wibowo, ujian praktik SIM memang sulit, hanya orang yang benar-benar memiliki kecakapan berkendara yang bisa lulus. Nantinya apabila mampu melewati seluruh rintangan ujian praktik, artinya sudah dinyatakan siap berkendara di jalan.

 

“Sesuai pasal 59 Perkap Nomor 9 Tahun 2012 tentang SIM, lebar lapangan minimal 50 meter dan panjang lintasan jalan/lapangan ujian minimal 100 meter. Ukuran patok uji juga sudah sesuai yakni tinggi 40 centimeter dan diameter 10-15. Demikian yang dapat kami jelaskan, terima kasih. Salam hormat selalu,” ujarnya.

rel

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also

Optimalkan Layanan di Pelabuhan Perikanan, Bank Kalsel Kerjasama Dengan DKP Provinsi Kalsel

Banjarmasin, 29 Juli 2021 – Sebagai komitmen meningkatkan layanan kepada masyarakat …