Home Berita Biddokkes Polda Kalsel Gelar Halal Bihalal Sekaligus Syukuran Operasi Bibir Sumbing

Biddokkes Polda Kalsel Gelar Halal Bihalal Sekaligus Syukuran Operasi Bibir Sumbing

4 min read
0
0
76

HALAL BIHALAL-Moment Halal Bihalal setelah satu pekan lebaran juga dilakukan pihak Biddokkes Polda Kalsel. Hal iti juga sekaligus syukuran atas terlaksananya Operasi Bibir Sumbing sehari sebelunya.
(Foto:ist)

 

BANJARMASIN – Anggota Satuan Kerja (Satker) Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkesl) Polda Kalsel dan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Banjarmasin Hoegeng Iman Santoso (HIS) menggelar apel di lapangan parkir RS setempat, Rabu (12/6/2019) pagi. Setelah upacara yang dipimpin Kabid Dokkes Kombes Erwinn ZH Mars itu dilanjutkan dengan acara Halal Bihalal diikuti seluruh personil Biddokkes, RS Bhy Bjm serta pegawai BLU RS.

Sehari sebelumnya pihak Biddokkes melaksanakan  giat Screening atau pemeriksaan awal Bakti Kesehatan Operasi Kelainan Kongenital Celah Bibir dan Langit Langit. Dengan tema Senyum Bersama Polri baksos itu  Bekerja sama dengan PABMI, Smile Train, Selasa (11/6) pagi.

Baksos tersebut jelas Kombes Erwinn ZH Mars mengatakan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73.
Bertempat di RS Bhayangkara HIS Polda Kalsel di Etalase dan IGD RS Bhayangkara. Mereka juga dibantu Dokter Pengawas AKBP dr Bambang P,Sp.B.

Pada Tahapan Meja 1 dilakukan Verifikasi data terdaftar 32 orang yang masuk screening, sementara 12 orang (10.00 wita yang baru datang saat itu. Dengan pengisian status berupa absen awal pasien atau keluarga identitas, anamnese Riwayat penyakit, dan cek vital sign serta berat badan. Oleh petugas ke pasien (ortu/bayi/anak) dan keluarga/pengikut.

Di Meja 2, mereka ambil darah berupa cek awal Hematologi Darah Rutin calon pasien, berupa antara lain waktu pembekuan dan waktu perdarahan . Di Meja 3, Cek dan kontrol serta konsultasi dan anamnese, pemeriksan fisik calon pasien.

Untuk Dokter Anestesi atau Pembiusan dilaksanakan dr Diana ,Sp.An/RSUD Ulin. Sedangkan pemeriksaan Fisik dan Keluhan atau penyakit saat ini, anamnese penyulit pembiusan,
Termasuk anamnese/gali data kesehatan dengan pasien dan orang tua.

Sementara Dokter Bedah Mulut dilakukan drg Irham,Sp.BM/RSUD Gilut Gt Hasan Aman Banjarmasin. Kemudian Pemeriksaan Fisik, Anamnese keluarga dan pasien. Pemeriksaan intra oral dan ekstra oral, indikasi ops dll,
serta pemberian Anjuran persiapan, pre ,post operasi serta perawatan pasca luka setelah nanti tanggal 18 – 19 Juni hari pelaksanaan.

Hasilnya terdaftar 32 orang terdiri dari calon peserta ops celah bibir (sumbing) dan langit langit yaitu dewasa, anak dan balita. Hadir 12 orang. Sementara sambil berjalan Semua pasien sudah dilaksanakan, bila ditemukan ada indikasi anak (peserta ops anak) celah bibir dn langit-langit bibir sumbing batuk, flu dan pilek akan diberikan pengobatan agar saat pelaksaanaan operasi keluhan tersebut sudah hilang.

Penulis : Anang Fadhilah

Editor   : Drs Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Kapolri Resmikan Aplikasi SIM Presisi Nasional, Perpanjang SIM Bisa dari Rumah

JAKARTA, Polda Kalsel – Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. meresmika…