Home Berita Polri Tingkatkan Kemampuan PNS Polri Di Era Revolusi Industri 4.0

Polri Tingkatkan Kemampuan PNS Polri Di Era Revolusi Industri 4.0

6 min read
0
0
41

Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Defrian Donimando SIK MH di dampingi Ketua DPK Korpri Pembina Drs Hamsan HB, dan Kasubbag Bin PNS Pembina Agus Dwi Sasono ST Biro SDM Polda Kalsel menghadiri Rakorbin PNS T.A. 2019 dengan tema “PNS Polri Berprestasi Dan Inovatif” bertempat di Discovery Hotel Ancol Jakarta, Senin (22/4/2019) pukul 07.00 wita.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dimulai sejak tanggal 22 – 24 April 2019 tersebut dibuka As SDM Kapolri Irjen Pol Dr Eko Indra Heri SMM. dihadiri Karo Dalpers SSDM Polri, Karo Watpers SSDM Polri, Karo Psi SSDM Polri, Karo Jianstra SSDM Polri, para Karo SDM Polda, Kasubbag PNS Polda, Ketua DPK Polda, dan Ketua DPK Mabes Polri.

Tema “PNS Polri Berprestasi Dan Inovatif” ini sejalan dengan upaya Pimpinan Polri untuk mewujudkan PNS Polri yang berprestasi dan inovatif sehingga mampu menghadapi Revolusi Industri 4.0. Di mana Revolusi Industri 4.0. merupakan tantangan Polri saat ini.

As SDM Kapolri Irjen Pol Dr Eko Indra Heri SMM menerangkan bahwa saat ini arah kebijakan pemerintah yaitu pembangunan sumber daya manusia yang diharapkan mampu menghadapi Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 merupakan era di mana internet dan teknologi berfungsi sebagai penghubung untuk mengintegrasikan manusia, peraturan, aplikasi dan mesin canggih yang membentuk rantai nilai yang cerdas, terhubung dan tangkas.

Dalam upaya menghadapi era Revolusi Industri 4.0 tersebut maka PNS Polri harus terus meningkatkan kemampuannya melalui pendidikan dan pelatihan sehingga PNS Polri menjadi pelaku aktif yang mendapat manfaat dari perubahan besar itu. Hal tersebut merupakan tantangan bagi PNS Polri untuk menerapkan program-program kerja yang berprestasi dan inovatif.

Terkait membangun PNS Polri yang berprestasi dan inovatif, Pimpinan Polri telah melakukan upaya dengan memberikan peluang bagi pengembangan individu PNS Polri dalam organisasi seperti kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) tingkat I, II, III dan IV maupun Dikbang lainnya, namun motivasi PNS Polri masih kurang untuk mengikuti Diklat/Dikbang tersebut, hal ini dapat kita lihat dari data PNS Polri yang telah mengikuti Diklatpim tingkat II, III maupun IV yaitu hanya sebanyak 1.159 orang atau 5,1 % dari 22.791 orang jumlah PNS Polri seluruhnya. Angka tersebut terbilang masih sangat kecil sekali, bahkan saat ini belum ada PNS Polri yang mengikuti Diklatpim tingkat I.

Dalam hal pembinaan karier Pimpinan Polri telah melakukan hal-hal sebagai berikut :

Saat ini sudah ada 4 (empat) orang PNS Polri dengan golongan kepangkatan IV/C atau setingkat Komisaris Besar Polisi, hal ini diharapkan dapat memotivasi PNS Polri lainnya untuk berkarier lebih baik lagi. Memang yang baru naik Gol IV/C hanya pada jabatan fungsional khususnya rumpun kesehatan, namun kedepannya akan diusahakan untuk jabatan struktural seperti Kabag pada tingkat Mabes Polri.

Memberikan kesempatan kepada PNS Polri untuk menduduki jabatan struktural di lingkungan Polri, hal ini dapat kita lihat dalam Perkap Nomor 6 tahun 2017 tentang SOTK pada tingkat Mabes Polri dan Perpol Nomor 14 tahun 2018 tentang SOTK pada tingkat Polda, banyak jabatan yang dapat diisi oleh PNS Polri sampai dengan Eselon III/A atau golongan kepangkatan IV/B, dan kedepannya akan diusahakan sampai dengan Eselon II/B dengan golongan kepangkatan IV/C.

“Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh PNS Polri agar terus meningkatkan kedisiplinan, semangat kerja dan kompetensi melalui Hard Competency maupun Soft CompetencyHard Competency untuk PNS Polri seperti terampil dalam operasional komputer, terampil dalam penyusunan perencanaan satker/unit kerja  serta kompeten sesuai bidang tugasnya masing-masing. Sedangkan Soft Competency seperti berinisiatif, orientasi pada kualitas kerja prima dan kepemimpinan serta memiliki kemampuan memecahkan masalah,” terang As SDM Kapolri Irjen Pol Dr Eko Indra Heri SMM.

As SDM Kapolri Irjen Pol Dr Eko Indra Heri S, MM. mengharapkan dalam Revolusi Industri 4.0, kondisi PNS Polri dapat Menguasai IT, Menguasai Bahasa Asing,  Memiliki Sifat dan Sikap Humanis, Memiliki Kemampuan Networking, dan Memiliki Jiwa Entrepreneurship.

 

Penulis : Anang Fadhilah

Editor   : Drs. Hamsan

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Polsek Pelaihari Lakukan Dialogis dengan Warga Beri Pesan Kamtibmas

Polda Kalsel, tugas utama anggota Polri adalah pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyar…