oleh

Polda Kalsel Membentuk Unit Khusus Penjualan Hewan Satwa Dilindungi

-Berita, Polisi-158 Dilihat

BANJARMASIN – Satwa liar dilindungi di Indonesia ini.memang seharusnya dilindungi karena populasinya makin sedikit justru terancam karena perburuan dan perdagangan. Dari mulai jenis burung, primata, serangga, hingga satwa kharismatik seperti harimau, gajah, orang utan dan bekantan

Direktur Kriminal Khusus Kombes Rizal Irawan melalui KaSubdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalimantan Selatan, AKBP Endang Agustina, mengatakan, dalam kasus perlindungan hewan ini pihaknya ada unit khusus menanganinya.

“Kami sangat konsen menangani dan menindaklajuti jika ada informasi yang masuk terkait binatang-binatang yang dkatakan dilindungi.. Kami sudah menangani beberapa kasus,” ujarnya.

Endang mengatakan, sudah memasang jaringan dengan rekan-rekan BKSDA dan lainnya. Pihak  kami selalu berkoordonasi untuk sama-sama menegakkan dan melindungi hewan dilindungi..

Endang mengakui para pelaku sudah mulai canggih melakukan aksinya.

Mereka tidak lagi menjual di pinggir jalan, tapi via situs dan lainnya.

“Penyelidikannya cukup lama dan sulit. Kami tak kujuk-kujuk datang dan menangkap. Kami melakukan penangkapan berdasarkan informasi anggota lidik,” katanya.

 

Penulis  : Anang Fadhilah

Editor.    : Drs Hamsan

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.