Home Berita Panitia Haul Guru Sekumpul tak Mengundang Prabowo

Panitia Haul Guru Sekumpul tak Mengundang Prabowo

3 min read
0
0
38

Martapura– Panitia Haul Fauzan Asniah tak pernah mengundang Calon Presiden (Capres) baik Joko Widodo dan Prabowo untuk hadir mengikuti acara Haul Guru Sekumpul ke-14.

Haur Guru Sekumpul Merupakan merupakan kegiatan rutin tahunan guna mengenang keberadaan Ulama kharismatik asal Martapura Kalsel Kyai Haji Zaini Bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul. Jadi siapapun boleh datang taka da undangan khusus, semuanya dianggap sama.

“Haul Guru Sekumpul yang dihadiri ribuan jamaah selama ini selalu terbuka untuk umum dan pihak Panitia Haul Guru Sekumpul tak pernah membuat undangan kepada tamu khusus. Termasuk capres dan cawapres,” kata juru bicara Haul Guru Sekumpul Fauzan Asniah, Sabtu (9/3).

Kata Asniah, haul ulama kharismatik asal Martapura Kyai Haji Zaini Bin Abdul Ghani merupakan even tahunan yang dilaksanakan masyarakat secara swadaya dan tidak pernah ada kepanitian secara resmi.

“Haul yang dilaksanakan secara gotong royong ini sebagai bentuk partisipasi, dan rasa cinta. Serta untuk mengenang ulama yang akrab disapa abah guru sekumpul,” katanya.

Menurut Fauzan, semua kegiatan dalam haul di sekumpul ini, murni kegiatan bersama dan tidak ada yang diistimewakan. “Jika ada tokoh pejabat, pengusaha, dll. Termasuk capres dan cawapres yang datang, semua diperlakukan sama sebagai jamaah haul,” katanya.

Fauzan berkata, terkait rencana kedatangan capres dan cawapres. Hingga kini Fauzan mengaku belum mendapatkan informasi secara langsung. “Sampai hari ini Sabtu (9/3) tak ada informasi yang masuk soal adanya capres yang mau hadir mengikuti acara haul,” katanya.

Sementara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel ketika dikonfirmasi akan adanya capres hadir pada kegiatan haul. Pihak bawaslu secara signifikan bakal mengawasi kegiatan capres tersebut.

“Bawaslu akan melakukan pengawasan melekat kepada capres termasuk caleg. Agar jangan sampai melanggar UU dan PKPU tentang Pemilu. Yang boleh jadi ada ketika berada di acara haul tersebut,” kata Komisioner Bawaslu Kalsel, Aris Mardiono.

Sebelumnya panitia Haul Abah Guru Sekumpul juga sudah mengingatkan bahwa peringatan Haul ke 14, tidak diwarnai dengan hal yang berbau politik. Wilayah yang menjadi tempat peringatan haul akan disterilkan dari atribut kampanye partai politik, caleg maupun tim sukses pasangan Presiden dalam laga Pemilu 2019.

“Atribut dan alat peraga kampanye caleg atau pilpres tidak boleh dipasang di lingkungan kegiatan Haul. Ini sudah disampaikan oleh panitia Haul, jangan sampai kegiatan haul diiringi dengan politik,” katanya.

 

 

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Polsek Kintap Lakukan Deteksi Dini Cegah Karhutla

Dalam rangka antisipasi Karhutla Polsek Kintap Polres Tanah Laut Polda Kalimantan Selatan,…