Home Berita Dewan Pers Indonesia Cabang Kalsel Siap Mengemban Amanah Wujudkan Pers yang Profesional dan Berkualitas

Dewan Pers Indonesia Cabang Kalsel Siap Mengemban Amanah Wujudkan Pers yang Profesional dan Berkualitas

4 min read
0
0
57

JAKARTA- Sejarah kembali terulang, usai menggelar Musyawarah Besar (Mubes) Pers Indonesia di Gedung Sasana Budaya TMII pada akhir tahun 2018. Yang melahirkan Sekretariat Bersama (Sekber) Pers Indonesia, kini atas dasar gagasan Sekber Pers Indonesia terlaksanalah Kongres Pers Indonesia 2019 yang berlangsung di Gedung Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, pada Rabu (6/3/2019).

Sedikitnya 600 orang peserta ditambah 49 Formatur hasil Mubes Pers Indonesia 2018 yang tergabung dalam Sekber Pers Indonesia dari berbagai Daerah se Nusantara dan didukung sedikitnya 12 Organisasi Pers dibawah naungan Sekber diantaranya PWO IN, KO WAPPI, Perjosi, AWI, SWI, IPJI, Akrindo, GWI, FPII dan SPRI berkumpul dalam ruangan yang sama untuk menggelar Kongres pertama dengan tema “Melalui Kongres Pers Indonesia 2019 yang Profesional, Berkualitas, Independen dan Merdeka dari Diskriminasi, Kriminalisasi dan Intervensi pihak lain”.

Selain ratusan orang, Acara tersebut juga dihadiri Ketua Dewan Pembina/ Penasehat Sekretariat Bersama Pers Indonesia, Jendral TNI (Purn). Tedjo Edi Purdijatno didampingi dua Jendral TNI lainnya, Ketua Sekber, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pers dan Pakar komunikasi serta nara sumber yang berkompeten dibidangnya.

Tedjo E.P, Ketua Dewan Pembina/Penasehat Sekber Pers Indonesia dalam sambutannya sekaligus meresmikan Kongres perdana tersebut mengatakan pihaknya akan senantiasa mendukung Pers menuju perubahan yang lebih baik lagi.

“Nanti kita akan membuat lembaga sertifikasi Pers baik untuk wartawan cetak maupun online, karena sejatinya wartawan itu tidak hanya pandai bicara akan tetapi juga harus pandai mendengar.” pungkasnya.

Terlihat sangat alut dalam pembahasan draf Peraturan Organisasi Pers Indonesia tentang Keanggotaan Wartawan dan Sertifikasi Kompetensi Wartawan serta tentang Verifikasi dan Sertifikasi Perusahaan Pers. Namun berkat kebersamaan dalam Kongres Pers tersebut, akhirnya semua pasal demi pasal dapat dibahas dan di sepakati dengan baik, ujar Sugianoor salah satu peserta dalam Kongres Pers Indonesia 2019 kepada wartawan.

Sementara Sugiannor peserta dari Kalsel ini mengatakan, dalam kongres selain memutuskan menyusun kepengurussn Dewan Pers Indonesia Pusat juga dibentuk Dewan Pers Indonesia tingkat Provinsi. “Untuk Dewan Pers Indonesia perwakilan Kalsel diusulkan tiga nama yakni, Aspihani Ideris (dosen/advokat/LSM), Sugiannor (wartawan MajalahbFakta Hukum dan HAM) dan Anang F (wartawan mediabanjarmasin.com),” katanya Kamis (7/3).

Kata Sugianoor, jika SK Pengesahan Dewan Pers Indonesia Perwakilan Provinsi sudah di keluarkan oleh Dewan Pers Indonesia pihaknya segera melakukan inventarisir media yang ada di Kalsel. “Kami akan berkoordinasi dengan organisasi pers di Kalsel dan koordinasi dengan semua instansi yang ada di Kalsel,” katanya.

Hal senada dikatakan Aspihani Ideris, dengan terbentuknya Dewan Pers Indonesia (DPI) baik ditingkat nasional maupun provinsi ini, kedepannya Pers Indonesia makin terarah dan baik. “Kami berharap pers bisa menjaga sikap harmonisasi, kreatif serta inovatif. Persatuan dan kesatuan sesama insan Pers makin erat. Jika adainsan pers yang tertindas Dewan Pers Indonesia melakukan pembelaan dan perlindungan,” harap Aspihani.

rel

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Kapolda Kalsel Ikuti Secara Virtual Kapolri Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi

Polda Kalsel, Banjarmasin – Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H.…