Home Berita Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang Dikeluarkan Dinkes Kalsel Diperkuat dan Dievaluasi

Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang Dikeluarkan Dinkes Kalsel Diperkuat dan Dievaluasi

3 min read
0
0
71

BANJARMASIN – Menuju Kalsel berdaya saing, sehat dan berkarakter Dinas Kesehatan Kalsel melakukan upaya-upaya diantaranya menerapkan kebijakan menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kota/kabupaten di Kalsel. Capaian kebijakan diharapkan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Guna melihat sejauh mana pelaksanaan kebijakan PHBS yang dilakukan Pemprov Kalsel, Dinkes Kalsel menggelar penguatan kebijakan dengan mengundang semua Dinkes se Kalsel di Banjarmasin Minggu (24/2) yang juga dihadiri Direktur Pomosi Kesehatan dr Rizkyana.

“PHBS di fasilitas pelayanan kesehatan merupakan upaya untuk memberdayakan pasien, masyarakat pengunjung dan petugas agar tahu, mau dan mampu untuk mempraktikkan PHBS dan berperan aktif dalam mewujudkan fasilitas pelayanan kesehatan yang sehat dan mencegah penularan penyakit di fasilitas pelayanan kesehatan,” kata Ilyas Kabid Sosial Budaya dan Pemerintah, didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Dinkes Prov Kalsel, Nurul Adhani.

PHBS itu sendiri bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota: Peningkatan tempat kerja sehat menunjukkan kinerja dan citra pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang baik, anggaran pendapatan dan belanja daerah dapat dialihkan untuk peningkatan kesehatan bukan untuk menanggulangi masalah kesehatan, dapat dijadikan pusat pembelajaran bagi daerah lain dalam pembinaan PHBS di Rumah Tangga.

“Program PHBS di fasilitas pelayanan kesehatan dapat terwujud apabila ada keinginan dan kemampuan dari para pengambil keputusan dan peran aktif semua stake holder,” katanya.

Bagaimana upaya penerapan indikator PHBS di tingkat rumah tangga, di sekolah, di tempat kerja, di tempat umum dan tempat lainnya, tentu sangat tergantung lagi dengan kesadaran dan peran serta aktif masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Sebab upaya mewujudkan lingkungan yang sehat akan menunjang pola perilaku kehidupan rakyat yang sehat secara berkelanjutan.

ang/MB

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Sinergi ‘Merah-Putih’, Bank Kalsel Teken MOU Bersama Angkasa Pura Suport

Banjarmasin, 25 Februari 2021 – Sinergi ‘Merah – Putih’ yang digagas oleh Bank…