Home Berita Sosok Caleg Perempuan Wakil Kalsel di Senayan Meski Diprioritaskan

Sosok Caleg Perempuan Wakil Kalsel di Senayan Meski Diprioritaskan

2 min read
0
0
148

Jumlah anggota parlemen wanita hingga kini masih sangat kecil. Padahal pembangunan tidak hanya untuk kepentingan laki-laki. Karena itu parlemen sebagai lembaga pengawas membutuhkan lebih banyak wanita.

Terkait hal itu, Ketua Kaukus Perempuan Banua Ida Yusnita S.Sos menilai, menyerukan caleg wanita dari Kalsel meski menjadi prioritas untuk didukung. “Untuk memperjuangkan hak-hak kaum perempuan soal kesehatan, pendidikan jangan ragu-ragu warga banua meski pilih perempuan untuk bisa ke Senayan. Selain itu, jumlah wanita di parlemen tidak makin menyusut seperti hasil Pemilu 2004,” katanya.

Kata Ida, kini saatnya wanita masuk dunia politik dengan penuh semangat. Kita perlu lebih banyak wanita di parlemen dan jabatan publik untuk awasi pembangunan. “Karena pembangunan tidak hanya untuk kepentingan pria saja, tapi juga perempuan,” seru dia.

Salah satunya, kata Ida, Dr Hj Rosiyati MH Thamrin SE MM—sosok pengusaha sukses kelahiran Kota Banjarmasin 10 November 1964, saat ini dipercaya menjadi caleg DPR RI Dapil Kalsel 1 yang meliputi kabupaten (Batola, Banjar, Tapin, HSS,HST, HSU, Tabalong dan Balangan).

“Sebagai bentuk kecintaannya pada banua, dirinya ingin mengabdi memajukan Kalsel di Senayan jika memang diberi amanah. Sosok Hj Rosiyati sangat mumpuni, intelektual wajar meski diberi peluang untuk menjadi perempuan wakil banua di Senayan,” katanya.

Pada kesempatan sama, Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Revisi UU Politik (Ansipol) mengungkapkan bahwa dukungan masyarakat terhadap pemenuhan kuota keterwakilan wanita di parlemen sebesar 30 persen cukup besar.

“Kami berhasil mengumpulkan 2696 SMS yang menyatakan dukungan,” ujar ketua koorditor Pokja Aktipol Adriana Venny

Venny menjelaskan, pooling SMS itu merupakan bagian dari kampanye penggalangan dana dukungan pemenuhan kuota 30 persen keterwakilan wanita di parlemen.  “Responden wanita sebanyak 71.7 persen dan laki-laki 28 persen,” sambungnya.

 

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Jaga Situasi Aman dan Kondusif, Polda Kalsel Perketat Pengamanan Mako

BANJARMASIN – Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkatkan pengamanan di seluruh M…