Home Berita HBI ke-69, Kemenkumham Tabur Bunga di Makam Pahlawan Bumi Kencana

HBI ke-69, Kemenkumham Tabur Bunga di Makam Pahlawan Bumi Kencana

6 min read
0
0
257

BANJARMASIN – Para Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalsel, Jum’at (25/1) pagi melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional Bumi Kencana. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti Imigrasi (HBI) ke-69 tahun 2018.Tampak dalam rombongan diantaranya Kepala Divisi Administrasi, Edy MS Hidayat bersama Kepala Divisi Imigrasi, Dodi KH Atmaja dan Pejabat Administrator, Pegawas serta Pejabat Fungsional Umum/Tertentu dan Para Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kemenkumham Kalsel.

Kepala Divisi Keimigrasian, Dodi KH Atmaja mengatakan, upacara tabur bunga dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi (HBI) dilakukan sebagai wujud penghormatan dan terima kasih atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan perjuangan serta pengorbanan para pahlawan. Sehingga kini NKRI berdiri dan Kemenkumham telah menjadi bagian Pemerintah yang hadir untuk melayani masyarakat agar memperoleh kepastian hukum dan mewujudkan peraturan perundang-undangan, pelayanan hukum, penegakan hukum yang berkualitas dan penghormatan, pemenuhan, perlindungan Hak Asasi Manusia. Serta mewujudkan layanan manajemen administrasi, aparatur yang profesional dan berintegritas . Selama 69 tahun, imbuhnya, usianya tidak jauh dengan usia bangsa ini. Imigrasi menjadi bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara Republik Indonesia.

“Sudah sepatutnya kita bersyukur dan memberikan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada para pahlawan karena apa yang kita lakukan saat ini tidaklah sebanding,” tuturnya.

Mengutip dari Presiden RI Pertama, Soekarno yang menyampaikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. “Republik Indonesia merupakan negara kesatuan dimana terdiri dari pulau-pulau dan memiliki banyak bahasa, budaya dan berbagai suku. Tentunya tidak mudah untuk menyatukan. Namun dengan kebhinekan Indonesia menjadi negara yang besar. Untuk itu tugas kita selaku para penerus tongkat estafet untuk menjaga kesatuan jangan sampai terpecah belah hanya karena berbeda pilihan politik maupun agama karena bersatu dalam perbedaan akan lebih indah,” Kepala Divisi Keimigrasian, Dodi KH Atmaja dalam sambutannya pada upacara tabur bunga.

Ditambahkan lagi bahwa upacara penghormatan kepada para pahlawan dalam rangka Hari Bakti Imigrasi pasti selalu dilakukan oleh jajaran Keimigrasian di seluruh Indonesia.

“Untuk tingkat pusat hari ini dilakukan di Taman Makam Pahlawan Kalibata yg dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Imigrasi Bpk. Ronnie F. Sompi,” tambah Dodi KH Atmaja selaku pimpinan upacara.

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada para pahlawan, doa dan kemudian ditutup dengan acara Tabur Bunga antara lain makam Brigjen H A Wahab Syahrani dan makam pahlawan lainnya.

Puncak acara HBI Ke-69 akan dilaksanakan Upacara Peringatan HBI bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin pada hari Senin tanggal 28 Januari 2019. Namun sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan baik sosial dan olahraga diantaranya layanan paspor Simpatik atau pelayanan paspor buka pada hari libur dan pelayanan khusus untuk para lansia atau orang sakit atau mobile paspor.

Selain itu kegiatan lainnya seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah dan gerak jalan santai serta beberapa cabang pertandingan antar pegawai. Termasuk kegiatan upacara tabur bunga yang semua itu dilaksanakan untuk merayakan hari ulang tahun Imigrasi Ke-69 (26-01-1950/26-01-2019).

Pasa upacara puncak HBI akan hadir Pejabat dari Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kantor-Kantor Pemasyarakatan, Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Ombudsman, TNI dan media.

Sementara itu Kakanim Banjarmasin, Syahrifullah dalam keterangannya menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan HBI ini hampir selesai dan tinggal 1 kegiatan lagi berupa Upacara Puncak HBI dan syukuran . Syukuran akan dilaksanakan pada Senin, 28 Januari 2019 di Kanim Banjarmasin. Hari jadi Imigrasi ke-69 itu sebenarnya jatuh pada tanggal 26 Januari .”Tetapi kami seluruh Indonesia baik tingkat pusat maupun daerah memperingatinya tanggal 28 Januari nanti,” jelasnya.

ang/MB

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also

Kontraktor Tambang Cipta Kridatama Raih Kontrak Baru Dengan Borneo Indobara

JAKARTA, 25 Oktober 2021 — Kontraktor jasa pertambangan PT Cipta Kridatama (CK) yang merup…