Home Berita Saatnya Habib Menjadi Wali Kota Banjarmasin

Saatnya Habib Menjadi Wali Kota Banjarmasin

3 min read
0
0
339

Sederet status bergelar habib marak maju sebagai calon legislator di Provinsi Kalimantan Selatan ketika Pemilu 2019. Sebut saja anggota DPD RI asal Kalsel Habib Abdurahman Bahasyim, Habib Hamid Abdullah, Habib Zakaria, Habib Aboe Bakar Alhabsy, dan lainnya.

Pemerhati sosial di Banjarmasin, Habib Ibrahim Alwi Alkaff, menuturkan sosok habib memang identik dengan garis keturunan Nabi Muhammad SAW. Itu sebabnya, orang bergelar habib sangat dihormati sejak dalam kandungan dan terpandang di mata masyarakat karena punya keistimewaan keturunan.

Dia sejatinya turut bangga melihat fenomena habib turun gelanggang ke politik praktis. “Tapi juga diliputi kecemasan. Jika para habib ini tak mampu jalankan amanah. Taruhannya sungguh berat yakni gelar habib. Ini tantangannya,” kata Habib Ibrahim Alwi Alkaf kepada banjarhits.id, Sabtu (19/1).

Ibrahim menilai ada gejala krisis orang bersih dan baik di tengah masyarakat Kalsel. Oleh karena itu, kata dia, orang berstatus habib ingin tampil sebagai politikus agar masyarakat antusias memilih.

“Coba lihat ada sosok Habib Abu Bakar (Caleg PKS) yang asli Jakarta, tapi mencalon di Kalsel dua periode terpilih di DPR RI. Juga ada Habib Hamid Abdullah dua kali jadi anggotaa DPD RI. Hal ini menunjukkan masyarakat merindukan sosok wakil rakyat yang bersih, sosok itu terwakili di para habaib ini,” Habib Ibrahim melanjutkan.

Dalam demokrasi, kehadiran para habib merambah politik tak bisa dipungkiri, masyarakat masih merindukan figur yang bisa jadi teladan dan mampu memperjuangkan kebutuhan masyarakat. “Kami berharap ada colon walikota dari figur habaib di Kota Banjarmasin,” katanya.

Adapun Habib Banua alias Habib Abdurahman Bahasyim mengaku dirinya maju kembali karena permintaan masyarakat untuk menjadi calon anggota DPD RI. “Pada pemilu 2014-2019, habib (saya) dipercaya menjadi anggota DPD RI utusan kalsel dengan perolehan 268,400 suara dukungan,” kata Habib Banua.

Ia pun maju kembali karena masyarakat Banua ingin dirinya maju lagi menjadi calon anggota DPD RI pada pemilu 2019-2024. “Dalam hal ini tentu aspirasi ini menjadi catatan dan kebanggaan bagi habib untuk terus menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat banua,” katanya.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also

Satu Prajurit TNI Gugur Saat Mengamankan Evakuasi Nakes Korban Kekejaman KST

Jayapura –  Kontak tembak kembali terjadi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan B…