Disnakertrans Kalsel Diminta Bersikap Tegas atas Dugaan Tindakan Diskriminatif Salah Satu Perusahaan Perbankan di Amuntai Utara Terhadap Karyawannya Berinisial MY

oleh -609 views

Capt. B Krisnha Dewa M.Mar, SH, CLA. Dan Adv.Taufik M, S.Hut, SH. Perwakilan dari kantor hukum EQUITY LEGAL Law firm dan rekan. 

Banjarmasin – Melalui kuasa Hukumnya MY, dari kantor Hukum EQUITY LEGAL Law Firm, Mempertanyakan ketidak hadiran dari pihak manajemen utk memberikan klarifikasi atas surat pengaduan yang dilayangkan tertanggal 12 Desember 2018, termasuk tindak lanjut dari Disnakertrans prop Kalsel.

Perihal yang telah diadukan ke Disnakertrans Kalsel pada 12 Desember 2018 yang lalu, karena dinilai melakukan pelanggaran dugaan tindakan diskriminatif ditempat kerja terhadap salah satu staff/karyawannya.

“ Kami mempertanyakan alasan ketidakhadiran dari pimpinan Perusahaan tanpa konfirmasi yang jelas, atas surat dari Disnakertran terhadap perusahaan yg bergerak dibidang jasa perbankan di Amuntai Utara”. Pada tanggal 16 Januari untuk mediasi di Kantor Disnakertrans Kalsel,” kata Capt. B Krisnha Dewa M.Mar, SH, CLA. Dan Adv.Taufik M, S.Hut, SH. Perwakilan dari kantor hukum EQUITY LEGAL Law firm, Kamis (17/1).

Kata Dewa, pihaknya juga meminta kejelasan dari Kantor Disnakertrans Kalsel soal ketidakhadiran pimpinan perusahaan selaku penanggung jawab atau yg bertanggung jawab khusus dalam bidang pengawasan & ketenagakerjaan.

Menurut Dewa, perbuatan perusahaan tempat MY bekerja yang memperlakukan pekerja berbeda-beda pada setiap karyawan, dapat dikategorikan sebagai perlakuan diskriminasi terhadap pekerja. Pada dasarnya,setiap pekerja/buruh berhak memperoleh perlakuan yang sama tanpa diskriminasi dari pengusaha. Hal ini ditegaskan dalam Pasal 6 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UU Ketenagakerjaan”).

Dalam Penjelasan Pasal 6 UU Ketenagakerjaan disebutkan bahwa pengusaha harus memberikan hak dan kewajiban pekerja/buruh tanpa membedakan jenis kelamin, suku, ras, agama, warna kulit, dan aliran politik.

Pihaknya menyampaikan pengaduan pelanggaran normatif ketenagakerjaan tersebut yang dilakukan oleh Direktur Operasional dan Audit Intern perusahaan di Bank Perkreditan Rakyat di Amuntai Utara.

Dewa menambahkan Masih berkaitan dengan diskriminasi di tempat kerja, pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: SE.60/MEN/SJ-HK/II/2006 Panduan Kesempatan Dan Perlakuan Yang Sama Dalam Pekerjaan Di Indonesia (Equal Employment Opportunity).

Dalam sebuah pemaparan mengenai panduan yang kami akses dari laman resmi International Labour Organization dikatakan bahwa kesempatan dan perlakuan yang sama dalam pekerjaan yang selanjutnya dapat disebut Equal Employment Opportunity (EEO) mencakup segala kebijakan termasuk pelaksanaannya yang bertujuan untuk penghapusan diskriminasi di dunia kerja.

Adv.Taufik M,S.Hut,SH, juga menambahkan bahwa berdasarkan bukti-bukti yg telah dikumpulkan, bahwa dugaan telah terjadinya overlapping pekerjaan serta kesalahan penerapan/pelaksanaan SOP perusahaan oleh beberapa orang yang memegang tanggung jawab sbg pengawas/control dalam perusahaan tsb.

Jadi dalam Mengambil setiap kebijakan atau keputusan tidak secara professional dan proporsional, hanya berdasarkan dari asumsi dan prasangka pribadinya saja bukan berdasarkan dari analisa,bukti/fakta serta dasar hukum/aturan yang jelas dengan mengesampingkan moral serta etika, khususnya dalam ketentuan mengenai tata cara pemberian surat peringatan di perusahaan,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pengaduan MY bermula dari tanggung jawab jobdesk yang overlapping, tidak mendapatkan seragam kantor, serta seringnya para karyawan keluar kantor tanpa alasan yang jelas pada saat jam kerja.

Sehingga dapat mengganggu pelayanan bagi nasabah karena kantor kosong dengan pintu terkunci tanpa adanya salah seorang staff yg standby/rotasi bertugas menjaga kantor yang termasuk dalam hal ini satpam kantor yang seharusnya bertugas menjaga kantor.

Apalagi bila bagi mereka yang bertugas di bagian operasional akan berdampak pada akses masuk untuk absen dll bagi karyawan lain yg bekerja di operasional,.

TAufik M,S.Hut, SH, juga menyampaikan bahwa MY selaku kliennya yang merasakan dampaknya, bahwa Ia merasa tindakan beberapa oknum pejabat perusahaan bertentangan dengan prinsip-prinsip penghormatan dan pemajuan HAM.

Dewa menjelaskan bahwa EQUITY LEGAL Law Firm akan bersungguh sungguh dalam memberikan pembelaan baik yang berbayar ataupun yang tidak (Cuma-Cuma)/Prodeo/Probono, agar keadilan dapat dirasakan untuk seluruh rakyat Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan Selatan, baik yang kaya atau yang miskin, baik yang kuat ataupun yang lemah.

Jika perusahaan melakukan tindakan diskriminasi terhadap pekerjanya, yakni melakukan pelanggaran terhadap Pasal 6 UU Ketenagakerjaan, maka menteri atau pejabat yang ditunjuk mengenakan sanksi administratif kepada pengusaha [Pasal 190 ayat (1) UU Ketenagakerjaan].

Menurut Dewa, Sebagai langkah awal dalam upaya penerapan kesetaraan di tempat kerja tersebut, pemerintah harus melakukan berbagai langkah strategis. Salah satunya dengan menyusun pedoman untuk mencegah tindakan berbau diskriminatif, seperti pedoman pencegahan pelecehan seksual dan sebagainya.

“Diskriminasi dalam jabatan dan pekerjaan, artinya di dalamnya termasuk jenis kelamin, ras, politik, agama dan sebagainya.

Kami berharap agar Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Prop.Kalimantan Selatan melalui Kabid Hubungan Industrial & Pengawasan mau berkomitmen agar masalah Diskriminasi dalam jabatan dan pekerjaan tersebut diterapkan di tingkat daerah, sehingga di setiap lini kondisi kesetaraan di tempat kerja dapat terwujud, serta mengurangi diskriminasi di tempat kerja,” jelasnya.

Agar bila terjadi diskriminasi ditempat kerja dapat di tempuh upaya hukum sesuai dengan ketentuan undang-undang,” kata Dewa menegaskan. dil/nik

One thought on “Disnakertrans Kalsel Diminta Bersikap Tegas atas Dugaan Tindakan Diskriminatif Salah Satu Perusahaan Perbankan di Amuntai Utara Terhadap Karyawannya Berinisial MY

  1. Hebat utk lawyernya bisa mengangkat kasus Diskriminasi ditempat kerja 👍👍, selama ini yg ada hanya perselisihan utk pesangon ! Minta no kontak nya dunk admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.