Home Berita Aplikasi Siharat Polres Banjarbaru Dapat Apresiasi Kapolda Kalsel

Aplikasi Siharat Polres Banjarbaru Dapat Apresiasi Kapolda Kalsel

4 min read
0
0
24

 

BANJARMASIN – Aplikasi Siharat Polres Banjarbaru tanggal 21 Januari 2019 ini akan berumur 1 tahun. Dalam kurun waktu itu, Siharat yang artinya ‘Siap Hadapi Beragam Kejahatan’ membuktikan konsistensinya dengan jumlah pengunduh sebanyak 25 ribu lebih. Rencananya Siharat siap melebarkan sayapnya di awal tahun 2020 dengan menargetkan 50 ribu pengunduh.

Tentunya capaian selama satu tahun itu tidak lah mudah. Banyak pengorbanan anggota Polres Banjarbaru yang diberikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk Quick Respon. “Anggota selalu stand by selama 24 jam untuk memberikan respon saat ada laporan masyarakat yang masuk melalui Aplikasi Siharat,” ucap Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya SIK MH.

Kapolres juga menambahkan, Aplikasi Siharat dibuat awalnya untuk menciptakan Sitkamtibmas di Kota Banjarbaru yang aman dan nyaman. Karena dengan kemudahan pelaporan yang diberikan Siharat, masyarakat bisa dengan cepat dan mudah memberikan informasi, sehingga pihak kepolisian tidak butuh lama untuk menindaklanjuti.

Seiring berjalannya waktu, Aplikasi Siharat tidak hanya menangani Sitkamtibmas saja. Tetapi, juga menangani permasalahan sosial seperti adanya laporan masyarakat yang mengalami bocor ban tengah malam di daerah rawan. Juga, masyarakat yang membutuhkan pendonor darah melaporkannya lewat Aplikasi Siharat.

“Pernah, ada sakit asma dan tipes. Ia menggunakan Aplikasi Siharat. Saat itu minta tolong diantar ke Rumah Sakit. Tidak hanya itu, kami juga pernah menerima laporan dari seorang mahasiswi dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalteng), yang kost di Kota Banjarbaru tidak berani memasang gas melon di kostnya dan panik. Ia memencet tombol Panic Button dan tim langsung meluncur dan rupanya minta pasangkan gas tersebut,” cerita Kapolres.

Kapolres Banjarbaru saat diwawancarai menjelaskan, selama satu tahun kemunculannya, Aplikasi Siharat Polres Banjarbaru sudah menerima banyak laporan yang masuk sebanyak 3.048 laporan.

“Kami bersyukur semua laporan yang masuk melalui Aplikasi Siharat dapat di tangani berkat konsistensi dan kesigapan anggota Polres Banjarbaru dalam merespon laporan yang masuk. Hal itu tidak lepas karena, seluruh anggota Polres Banjarbaru dalam melaksanakan tugasnya di dasari motto dari Polres Banjarbaru yakni ‘Ikhlas, Benar dan Berkualitas’.

Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Drs Yazid Fanani MSi, mengatakan sangat bangga atas inovasi dari Polres Banjarbaru yakni Siharat. Banyak respon positif yang diberikan masyarakat terhadap inovasi Polres Banjarbaru itu.

“Saya sudah perintahkan kepada Pak Kapolres Banjarbaru untuk membuat rencana paparan di Polda Kalsel, kalau misalnya itu nanti bagus kita buat sebagai pilot project untuk juga dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Kalsel,” ucap Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs Yazid Fanani MSi.

rel/ang/MB

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Wakapolda Kalsel Cek Persiapan Pengamanan Pilkada 2020 di Kotabaru

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. melanjutkan rangkaian K…