Home Berita Telkomsel Wujudkan Masyarakat Digital Penuh Makna dan Kreatif

Telkomsel Wujudkan Masyarakat Digital Penuh Makna dan Kreatif

11 min read
0
0
23

Telkomsel sebagai perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia terdepan saat ini. Dinilai berhasil mengembangkan layanan gaya hidup digital menuju penguatan ekosistem industri 4.0.

Buktinya masyarakat Indonesia saat ini sudah mampu dalam menggunakan teknologi, bahkan secara cerdas berhasil memanfaatkannya guna memacu produktivitas pekerjaan. Telkomsel dinilai berhasil membawa revolusi Industri 4.0 untuk diterapkan secara tepat oleh para pelaku bisnis. Bahkan mampu mengurangi biaya operasional.

Telkomsel menyadari perkembangan dunia teknologi yang semakin maju sangat mempengaruhi perilaku atau gaya hidup masyarakat modern saat ini. Lewat perangkat digital saat ini sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat baik itu yang berada di kota besar, kecil bahkan di perdesaan contoh yang paling jelas adalah handphone atau telepon seluler.

Telkomsel sadar dengan adanya gaya hidup digital banyak memberikan manfaat besar, untuk itu Telkomsel memberikan layanan kepada masyarakat agar mengambil manfaat yang bisa diambil dari gaya hidup digital zaman sekarang.

Telkomsel mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, terutama dalam pemanfaatan layanan digital lifestyle, seperti video, musik, games, dan value added service (VAS); digital advertising; digital payment T-Cash; digital banking; dan Internet of Things (IoT).

Hal itu dibuktikan dengan mengembangkan ekosistem digital, yakni menggelar infrastruktur jaringan secara agresif, terutama BTS berbasis teknologi mobile broadband.  Agar ada pilihan solusi layanan digital untuk melayani kebutuhan digital lifestyle pelanggan dan masyarakat Indonesia. Fokus Telkomsel di bisnis digital terlihat dari keseriusan menggelar infrastruktur jaringan broadband.

Hadirnya ekosistem digital memicu lahirnya berbagai solusi yang dapat meningkatkan produktivitas dan mendorong berbagai perubahan ekonomi, sosial, dan budaya di masyarakat. Telkomsel mengembangkan lima teknologi. Guna menopang pembangunan sistem Industry 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human-Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing.

Layanan gaya hidup digital memberikan manfaat, digunakan  untuk hiburan, untuk pembelajaran (edukasi).  Gaya hidup digital harus menjadikan semangat atau upaya konstan untuk terus menerus mengedukasi diri sendiri. Karena akses informasi terbuka lebar dan dapat diakses kapan saja lewat laptop atau smartphone tanpa harus meninggalkan rumah. Contohnya adalah E-learning atau kursus online yang bisa diikuti kapanpun dan dimanapun.

Jadi dengan hadirnya era digital seperti sekarang ini bisa dijadikan sarana bagaimana mencari konten edukasi atau e-learning yang benar-benar bermanfaat sehingga semakin memperluas wawasan atau bahkan mendapatkan ilmu baru yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Layanan gaya hidup digital yang ditawarkan Telkomsel sangat membantu pekerjaan masyarakat, banyak keluarga di perkotaan memilih gaya hidup digital untuk menjaga keseimbangan lebih baik antara kehidupan profesional dan keluarga. Bekerja tidak lagi harus menempuh jalanan macet di kantor hingga berjamjam atau terpaku di meja dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Teknologi digital memungkinkan bekerja dapat dilakukan di mana saja secara remote dengan waktu yang fleksibel.

Bekerja tanpa harus ke kantor mampu menghemat biaya transportasi, juga memungkinkan pekerja lebih produktif dan mendapat waktu lebih banyak untuk keluarga.

Layanan digital juga bisa membuka peluang usaha,  bagi keluarga, teknologi juga berperan vital untuk memanajemen kebutuhan rumah tangga lewat internet banking , belanja online , hingga membayar berbagai tagihan yang dapat dilakukan lewat aplikasi mobile.

Teknologi digital memudahkan individu atau keluarga untuk tetap terhubung terlepas seberapa sibuk jadwal mereka. Sebab, mengirim pesan instan, berkomunikasi lewat video (video call ), atau status sosial media memungkinkan seseorang selalu terhubung dengan teman dan keluarga.

Komunikasi hanya dibatasi ujung jari karena begitu mudah dan murah. Di sekolah, orang tua juga dapat langsung memantau kegiatan putra-putri mereka lewat grup WhatsApp, situs resmi sekolah, atau malah sosial media pada hari itu juga, termasuk jika ada hal-hal yang darurat.

Di dunia yang serba digital, Telkomsel mengajak generasi muda tidak takut menjelajahi internet di mana saja dan kapan saja, tanpa merasa cemas kehabisan kuota internet.

Tentu saja ajakan dari Telkomsel disambut antusias, staff Bidang Humas Polda Kalsel Brigadir Senjoyo — seorang anggota polisi yang dibantukan dibidang informasi dan kehumasan di lembaga penegak hukum Polda Kalsel.

Sebagai anggota polisi yang cukup padat kegiatan, Senjoyo menitipkan pesan meski anda orang yang tidak bisa terlepas dari sosial media (sosmed)? Sebagai pengguna tentunya kita harus bijak dalam berinteraksi dengan sosmed.

Brigadir Senjoyo yang mengemban tugas di Bidhumas Polda Kalsel setiap hari dihadapkan pada tugas melakukan dokumentasi kegiatan Polda Kalsel. “Tugas kami seperti wartawan media mainstream, yang melakukan peliputan dengan kamera video dan foto digital. Termasuk meng upload video ke media online yang dimiliki Bidang Humas Polda Kalsel. Polda Kalsel juga mengembangkan aplikasi layanan berbasis online,” katanya.

Senjoyo mengakui, Telkomsel seolah memberikan kebebasan lebih untuk internetan kepada para pelanggannya. Internetan tanpa rasa kuatir, bahkan kebebasan menelepon ke semua operator dengan satu harga pasti.

“Jujur kami sempat kuatir, karena harus terpaksa membayar mahal untuk aktivitas internetan sehari-hari seperti chatting, beraktivitas di media sosial, transportasi, mengirim pesan hingga streaming. Sejumlah aktivitas yang sering dilakukan pelanggan ini bisa menghabiskan kuota utama dengan sangat cepat dan membuat mereka harus membayar lebih dengan biaya tambahan yang mahal,” katanya.

Kata Senjoyo, Telkomsel yang menghadirkan aplikasi video digital MAXstream, layanan konten video on demand. Aplikasi ini merupakan one stop video portal memungkinkan dirinya mengakses seluruh konten premium dari berbagai saluran video on demand maupun TV lokal dan internasional, melalui ponselnya. Aplikasi MAXstream sudah dapat diunduh dari Google Play maupun App Store.

“Ini merupakan bukti keseriusan Telkomsel untuk memberikan pengalaman digital lifestyle terbaik bagi pelanggan, sekaligus mewujudkan visi sebagai penyedia layanan dan solusi gaya hidup digital mobile kelas dunia yang terpercaya,” katanya.

Brigadir Senjoyo mengatakan,  lewat aplikasi MAXstream, dirinya bisa memiliki akses ke berbagai saluran yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu free channels, basic channels dan premium channels. Free channels dapat diakses tanpa biaya oleh pelanggan Telkomsel maupun non-pelanggan Telkomsel, dan terdiri dari saluran TV lokal yaitu Kompas TV, Metro TV, TV ONE, dan JAKTV.

Sedangkan basic channel hanya dapat dinikmati oleh pelanggan Telkomsel tanpa biaya tambahan, dan terdiri dari saluran internasional seperti TLC, EuroSport, Animal Planet, Discovery Asia,dan Discovery Channel. Sementara, premium channels yang tersedia bagi pelanggan Telkomsel yang telah membeli paket data bulanan, terdiri dari saluran TV dari Warner TV, OH!K, dan Nick Jr. Pilihan saluran TV ini akan terus bertambah sehingga konten di aplikasi MAXstream akan semakin beragam dan menarik.

Pelanggan juga dapat menikmat layanan konten VideoMAX, yaitu HOOQ, VIU, CATCHPLAY, Nickelodeon Play, dan TRIBE melalui aplikasi MAXstream. VideoMAX telah menjadi solusi layanan bagi penggemar film dan serial TV untuk menikmati ribuan judul film dan serial TV favorit, baik yang berasal dari lokal maupun mancanegara secara langsung di ponsel dan komputer tablet.

Kata Brigadir Senjoyo, dirinya masih bisa menikmati MAXstream dengan lebih hemat menggunakan paket kuota data bulanan VideoMAX, ataupun Paket Ekstra Kuota VideoMAX. Paket ini tersedia dengan kuota mulai dari 2 GB hingga 20 GB dengan harga spesial. Pelanggan juga berkesempatan membeli Paket Ekstra Kuota VideoMAX 30 GB seharga Rp 10, hanya di aplikasi MAXstream.

*) Anang Fadhilah

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Polsek Pelaihari Lakukan Dialogis dengan Warga Beri Pesan Kamtibmas

Polda Kalsel, tugas utama anggota Polri adalah pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyar…