Home Berita Tokoh Pendidikan Banua, Dr H Zainul Arifin Noor SE MM Maju Lagi Jadi Anggota DPR RI

Tokoh Pendidikan Banua, Dr H Zainul Arifin Noor SE MM Maju Lagi Jadi Anggota DPR RI

5 min read
0
0
11

Tokoh pendidikan banua, Dr. H. Zainul Arifin Noor, SE, MM kembali maju menjadi anggota DPR RI dari PKB Kalsel untuk menuju Gedung DPR RI di Senayan untuk kedua kalinya.

Mantan rektor Universitas Achmad Yani Kota Banjarmasin yang juga masih aktif menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) didaulat kembali untuk maju ke Senayan.

“Dunia pendidikan masih harus terus diperjuangkan, karena pendidikan kita masih kalah dengan negara-negara lain. Sarana dan prasarana yang ada masih perlu diperjuangtkan agar memadai. Kita berharap kepada mereka melalui Komisi 10 untuk kepentingan daerah pendidikan harus diprioritaskan,” katanya.

Kata Zainul, dirinya melihat soal perizinan menyangkut pendidikan mulai dipercepat , bantuan-bantuan untuk sekolah sudah sampai ke pelosok desa. “Kita berharap kualitas pendidikan di Kalsel terjadi peningkatan minimal sejajar dengan daerah lain. Kalau kita lihat dengan Kaltim kita sudah jauh tertinggal, kalau Kalbar kita masih fifty-fifty, “ ujarnya.

Menurut Zainul, dirinya sudah melakukan perjuangan agar Kalsel diperhatikan, hal itu bisa dilihat sudah banyak perguruan-perguruan tinggi, sekolah-sekolah yang sudah di fasilitasi oleh pemerintah itu salah satu yang sudah diperjuangkannya untuk daerah.

Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan berbagai usaha pembangunan pendidikan yang berkualitas, antara lain melalui pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan bahan belajar, serta berbagai pelatihan bagi guru.

“Pendidikan yang bermutu memiliki kaitan ke depan dan kaitan ke belakang. Ini berarti bahwa pendidikan yang bermutu merupakan syarat utama untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang maju, modern, dan sejahtera. Untuk itu perlu peningkatan SDM,” ujarnya.
Selain itu, keberadaan guru yang bermutu merupakan syarat mutlak lahirnya sistem dan praktek pendidikan yang berkualitas, maka hampir semua bangsa di dunia ini mengembangkan kebijakan yang mendorong keberadaan guru yang berkualitas.

Untuk itu, kata Zainul, jika dirinya terpilih kembali menjadi anggota DPR RI, dirinya tetap berjuang untuk kemajuan pendidikan, karena pendidikan Indonesia masih kalah bersaing dengan Malaysia. “Kita mengharapkan tenaga-tenaga pendidik, guru, dosen terus ditingkatkan mutu dan kualitasnya. Kita dorong untuk melakukan penelitian-penelitian,” katanya.

Dr. H. Zainul Arifin Noor, SE, MM terpilih menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan I setelah memperoleh 31,975 suara. Zainul dikenal sebagai salah satu dosen dan mantan rektor dari Universitas Achmad Yani Kota Banjarmasin.

Memiliki pengalaman organisasi yang concern di dunia pendidikan dari tahun ke tahun membuat Zainul Arifin Noor berkarir pula di dunia pendidikan. Zainul Arifin Noor menjabat sebagai Wakil Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) selama 2 periode, 1999-2003 dan di sambung pada tahun 2003-2007. Pada tahun yang sama 2003-2008 Zainul juga menjabat sebagai Ketua Forum Komunikasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia.

Hingga sekarang beliau masih dipercayakan menjabat sebagai Wakil Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia dari tahun 2007-2013 sampai periode berikutnya 2013-2016.
Zainul Arifin Noor juga turut andil di dunia pendidikan sejak tahun 1990 hingga sekarang mulai dari menjadi Pembantu Dekan I hingga menjadi Rektor Universitas di kota kelahirannya.

Sebelum memutuskan untuk maju menjadi calon legislatif, lulusan S3 Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya ini memang lebih banyak beraktifitas di dalam kampus sebagai pengajar. Semangat besarnya untuk terjun dan terlibat langsung dalam menentukan kebijakan pembangunan nasional melatarbelakangi keputusan Zainul bergabung ke Senayan.

Pada masa kerja 2014-2019 Zainal ditugaskan di Komisi X yang membidangi Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, Perpustakaan.

Rel/yus

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Hari Ketiga, Santri Mendunia Sukses Adakan Konsorsium Internasional

Mesir – Santri mendunia telah menyelesaikan hari terakhir acara Konsorsium Internasi…