Home Berita Pelindo III Banjarmasin Peduli, Gratiskan Biaya Pengiriman Logistik ke NTB, Palu dan Donggala

Pelindo III Banjarmasin Peduli, Gratiskan Biaya Pengiriman Logistik ke NTB, Palu dan Donggala

4 min read
0
0
14

Sebagai bentuk kepedulian dan sosial PT Pelindo III Cabang Banjarmasin membebaskan semua fasilitas pelabuhan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan bencana gempa dan tsunami di Lombok, Donggala dan Palu.

“Semua fasilitas kepelabuhanan kami gratiskan seperti jasa kapal tunda dan jasa menaikkan kontainer ke atas kapal. Sesuai arahan dari management kami, semua gratis,” ujar CEO PT Pelindo III Regional Kalimantan, Abdul Rofid Fanany,  Jumat (26/10).

Kata Abdul, jika kalau bantuan dengan jumlah besar maka tentunya pengirimannya harus melalui angkutan kapal laut. “Karena itulah kami selalu siap mensupport pengiriman melalui pelabuhan kami dengan memberikan pelayanan yang baik dan semuanya digratiskan,” paparnya.

PT Pelindo III Cabang Banjarmasin, lanjut Abdul Rofid juga selalu berkoordinasi dengan PT Meratus sebagai pemilik armada kapal dan kontainer dalam setiap kegiatan pengiriman bantuan ke Lombok dan Palu. “Kami selalu koordinasi dengan PT Meratus sebagai penyedia armada dan kontainer dan kami sebagai penyedia sarana pelabuhannya. PT Meratus juga menggratiskan semua biaya untuk mengangkut bantuan ini,” paparnya.

Sebanyak 16 kontainer bantuan diberangkat dari Pelabuhan Trisakti menuju Tanjung Perak Surabaya dan selanjutnya ke Palu, Jumat pagi. Bantuan tersebut berasal dari jajaran Korem 101 Antasari dan Pemprov Kalsel.

“Sebelumnya pengiriman bantuan kemanusiaan melalui pelabuhan Trisakti berasal dari Angkatan Laut dan Otoritas jasa pelabuhan. Diinternal kami, Navigasi juga menggalang bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban saudara – saudara kita yang terkena musibah gempa dan tsunami di Donggala dan Palu,” tandasnya.

Danrem 101 Antasari Kolonel Arm Syaiful Rahman disaksikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor serta Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani melepas bantuan sembako sebanyak 146 ton untuk musibah di Sulawesi Tengah, Jumat (26/10) pukul 11.00 Wita di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalsel.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut Danlanal Banjarmasin, Letkol Laut (P) Wijayanto, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Drs Sumarto dan lainnya.

Bantuan tersebut dibagi ke dalam 16 kontainer yang kemudian dikirim menggunakan kapal Meratus Lines ke tiga kabupaten/kota Sulawesi Tengah yakni Palu, Sigi, dan Donggala.

“Bantuan sembako dan bahan siap saji berkat kepedulian bersama yang dikumpulan dari seluruh elemen masyarakat, baik kodim-kodim, pemda, SKPD Pemprov Kalsel serta lainnya,” kata Danrem 101 Antasari Kolonel Arm Syaiful Rahman.
Bantuan sembako dikirim dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin ke Pelabuhan Pantaloan Sulawesi Tengah dijadualkan akan tiba lima hingga enam hari ke depan.

Adapun bantuan yang terkumpul totalnya berjumlah 9.986 koli atau 145.926 Kg yang mayoritas berisi beras, mie instant, air mineral, susu instant, pampers, terpal, selimut dan lainnya untuk bisa mencukupi kebutuhan para korban di pengungsian pasca bencana gempa dan tsunami.

Untuk Korem 101/Antasari sendiri ada 43.000 Kg barang yang diangkut dan Kodim 1007/ Banjarmasin 32.697 Kg. Sementara satuan lainnya seperti Kodim 1001/Amuntai 32.026 Kg, Denpom II-VI Banjarmasin 120 Kg, Yonif 623/BWU 684 Kg, Kodim 1004/Kotabaru 14.056 Kg, Kodim 1009/Pelaihari 7.675 Kg, Kodim 1005/Marabahan 103 Kg, Kodim 1006/Martapura 3.305 Kg, Rindam VI/Mulawarman 150 Kg, dan Kodim 1006/Tanjung 11.810 Kg.

rel.nik

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Komunitas Otomotif Dicekoki Nilai Kebangsaan di Kodim 1007/Banjarmasin

BANJARMASIN – Kodim 1007/Banjarmasin menggelar acara Pembinaan Komunikasi Sosial (Ko…