Home Berita Raperda Fasilitasi Narkotika dan Zenith Menjadi Perda Diapresiasi

Raperda Fasilitasi Narkotika dan Zenith Menjadi Perda Diapresiasi

2 min read
0
0
12

Pemprov Kalsel memberikan apresiasi Raperda Fasilitasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika, Pisikotropika dan Zat Adiktif yang sedang digodok DPRD Kalsel.

“Raperda Raperda Fasilitasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika, Pisikotropika dan Zat Adiktif merupakan bentuk perhatian dari wakil rakyat terutama berkaitan peyalahgunaan narkoba. Hal ini sejalan dengan bukti dilapangan dimana peredaran narkoba begitu marak, baik di lingkungan sekitar kita maupun melalui berita media masa,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Haris, pada rapat paripurna di DPRD Kalsel.

Kata Haris, dimana kasus peredaran narkoba kini begitu merajalela, jumlah korban juga semakin meningkat dan merambah ke seluruh kalangan. “Ini menjadi perhatian bersama untuk bisa memberantasnya,” katanya.

Selain pengusulan RAPBD 2018 di DPRD Kalsel juga ada satu Raperda yang disyahkan menjadi Perda. Yakni, Raperda tentang fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

Sementara Ketua Pansus Fasilitasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika, Pisikotropika dan Zat Adiktif, Ilham Nor mengatakan, mengungkap dalam proses pembahasan Raperda sempat terjadi beberapa kali perompakan akibat perbedaan pandangan dan pendapat.

“Salah satunya saat berkonsultasi ke Dirjen Peraturan Perudang Undangan Kementerian Hukum dan Ham RI dan Direktorat Produk Hukum Daerah Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri RI, yang masih belum sepakat pada kewenangan SKPD Pemda dan Materi sanksi Pidana dalam Perda tersebut,” Kata Ilham Noor.

Ilham mengatakan, sebelumnya Rapeda ini hanya sebatas Pencegahan peredara Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, yang tertuang dalam Peda nomor 16/2017.

Setelah mendapat dua kali fasilitasi dari Kemenetrian Dalam Negeri, dan sayarat harus mengubah judul sampai dengan subtansi krusial dalam materi Rapeda, akhirnya dapat disetujui.

rel/bpos

 

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Polres Batola Laksanakan Apel Gabungan Dalam Rangka Antisipasi Unjuk Rasa RUU Cipta Kerja

Polres Batola, Selasa (20/10/2020) bertempat di Simpang 4 Jalan Trans Kalimantan Kel. Hand…