Home Berita Bank Indonesia Gelar Training of Trainer Ekonomi dari Zakat dan Wakaf

Bank Indonesia Gelar Training of Trainer Ekonomi dari Zakat dan Wakaf

2 min read
0
0
13

Para Dekan, Wakil Dekan, Dosen dari berbagai kampus, Tenaga Pengajar di Pesantren dan stakeholder lainnya diberikan pemahaman potensi besarnya manfaat dan cara efektif kembangkan ekonomi dari Zakat dan Wakaf oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin yang digelar di Aula UIN Antasari selama dua hari mulai Rabu (24/10).

Training mengangkat tema Modul Ekonomi dan Keuangan Syariah terkait Zakat, Wakaf dan Usaha Mikro Islami. Training of Trainer KPw BI Kalsel dibuka oleh Deputi Kepala KPw BI Kalsel, M Irwan. “Training of Trainer ini merupakan pre-launching Konsep Roadmap Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Kalsel. Roadmap ini merupakan turunan strategi Roadmap Pengembangan Ekonomi Keuangan Syariah nasional yang telah kami pertajam dan sesuaikan dengan keadaan di Kalsel,” katanya.

“Melalui materi-materi yang disampaikan tenaga pengajar baik di kampus-kampus maupun pesantren bisa efektif informasikan manfaat dan potensi ekonomi syariah bangun perekonomian Indonesia,” katanya.

BI juga menyusun buku referensi mengenai ekonomi dan keuangan syariah dengan judul Pengelolaan Zakat yang Efektif, Wakaf : Pengaturan dan Tata Kelola yang Efektif dan Usaha Mikro Islami.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari, Faturahman Azhari, hal ini sejalan dan sesuai dengan arah kebijakan beberapa negara Islam lainnya di sektor perekonomian.

Dimana negara-negara lainnya yang miliki jumlah masyarakat muslim besar mulai rumuskan untuk tingkatkan pemanfaatan zakat, wakaf, infaq dan sedekah sebagai salah satu motor penggerak perekonomian.

“Instrumen keuangan syariah seperti sukuk, wakaf, zakat, infaq dan sedekah di Indonesia juga sangat berpotensi untuk biayai infrastruktur ekonomi negara,” katanya.

rel/hms

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Polsek Kintap Patroli Wilayah Rawan Gangguan Kamtibmas

Personil Polsek Kintap Polres Tanah Laut secara rutin melaksanakan giat patroli wilayah de…