Home Berita Ancaman Non Militer Harus Diwaspadai Karena Berpotensi Merusak Kalsel

Ancaman Non Militer Harus Diwaspadai Karena Berpotensi Merusak Kalsel

2 min read
0
0
122

Kementrian Pertahanan Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan pemangku kepentingan lainnya, terus menggiatkan masyarakat setempat mewaspadai ancaman non militer di Provinsi Kalimantan Selatan.

Salah satu cara lewat sosialisasi dibungkus seminar akademisi dari perguruan tinggi dan unsur militer di Kota Banjarmasin pada Jumat (12/10). Kepala Kantor Pertahanan Provinsi Kalimantan Selatan, Benny Wahyudi mengatakan acara ini sebagai bentuk preventif untuk menciptakan kondisi damai di Kalimantan Selatan.

Ia berharap masyarakat makin sadar atas pentingnya menjaga kondisi damai suatu daerah dari ancaman non militer.“Khususnya para akademisi dan lebih luasnya seluruh masyarakat Kalsel, bahwa pentingnya kita menjaga kondisi damai dalam suatu daerah dari ancaman non militer,” kata Benny di sela sosialisasi di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Jumat (12/10).

Benny menyampaikan ancaman non militer ini sangat banyak merebak di tengah masyarakat, terutama kelompok warga kelas menengah ke bawah yang terdesak ekonomi. Masyarakat lapisan ekonomi bawah kerap bertindak kriminal lantaran terdesak kondisi.Lebih berbahaya lagi, kata dia, anggota masyarakat pemakai narkoba.

“Gaya hidup yang salah membuat masyarakat menjadi anarkis dan kriminal, ini merupakan ancaman yang paling marak untuk ketahanan kita dalam menciptakan kondisi damai” ucap Benny Wahyudi.

Pemateri asal FISIP Universitas Lambung Mangkurat, Andi Tenri Sompa, sepakat atas potensi ancaman tersebut. Ia berkata ancaman non militer berpotensi menggangu kondisi damai masyarakat karena bersifat tak kasat mata. Lain hal dengan ancaman militer yang nampak dalam bentuk alat persenjataan.

“Ancaman non militer yang sangat membahayakan, contohnya pengangguran, kemudian narkoba sangat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Ini tidak nampak dampaknya seperti membuat kerusuhan, keonaran dan lain lain,” kata Tenri Sompa.

rel/hms

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also

Satu Prajurit TNI Gugur Saat Mengamankan Evakuasi Nakes Korban Kekejaman KST

Jayapura –  Kontak tembak kembali terjadi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan B…