Home Berita BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Rapat Rekonsiliasi dan MoU Dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalsel

BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Rapat Rekonsiliasi dan MoU Dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalsel

5 min read
0
0
11

Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie mewakili Gubernur Kalsel menyaksikan penandatanganan kerjasama (PKS) antara BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (20/9) di Kota Banjarbaru.

Menurut Sekdaprov Kalsel dengan dilakukan perjanjian kerja sebagai implementasi Permendagri 138 tahun 2017 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu di tiap daerah, lalu disusul dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tahun 2018 tentang perijinan secara elektronik. Diharapkan makin mempercepat iklim usaha yang baik serta mendongkrak investasi di Kalsel.  

Haris Makkie mengatakan, setiap perusahaan di Kalel menurut  Undang-undang PP 24 wajib mendaftarkan karyawannya atau tenaga kerjanya jadi anggota BPJS Kesehatan ataupun Ketenaga kerjaan. “Mereka mendaftarkan kesini itu merupakan bagian dari syarat ini ketentuan peraturan pemerintah yang harus di patuhi, perusahaan harus mematuhi itu. Targetnya sosialisasi dilakukan baik dengan pola jemput ataupun ada tim yang melakukan kunjungan ke instansi,” katanya.

Kata Harris, dengan adanya perjanjian kerja ini tentu saja akan membawa pengaruh yang positif bagi iklim invetasi di Kalsel. Untuk itu kerjasama antar instansi harus baik.

Kegiatan rapat rekonsiliasi juga dihadiri Kadis DPMPTSP Kalsel Nafarin, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Kalseltengtimtara  Benjamin Saut PS, Kepala BPJS Kesehatan Kalsel Fahriza, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Dodi Latpurianto serta Kepala Kantor Pelayanan Satu Pintu se Kalsel.

Kadis DPMPTSP Kalsel Nafarin menyambut baik dengan adanya perjanjian kerjasama ini. Dengan adanya regulasi yang mengatur terkait persyaratan mengenai BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan masuk kedalam tatacara syarat perijinan yang menjadi  kewajiban bagi perusahaan baik melakukan permohonan maka BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan harus menjadi syarat mutlak.

“Pada saat mereka maju ketempat kita dan mengajukan permohonan itu sudah jadi bagian persyaratan. Jika tidak akan ditolak bahkan akan masuk kedalam sistem online ini,” paparnya.

Menurut Nafarin, dalam melakukan sosialisasi juga akan dilakukan pihak BPJS tapi juga pajak dan kependudukan. “Nanti kita ada kunjungan ke tiap perusahaan untuk melakukan pengawasan juga untuk memeberikan semacam pembinaan. Karena ini suatu kewajiban perusahaan mau tidak mau harus dijalankan sesuai peraturan yang ada,” terangnya.

Sementara, Sementara Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Kalseltengtimtara  Benjamin Saut PS mengatakan dengan adanya kerjasama antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dengan DPMPST maka pihaknya sudah bisa menyelesaikan salah satu bagian dari kepatuhan perusahaan dalam mendaftarkan pekerjanya BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan dalam segi registrasi.

“Hal itu dikarenakan dari awal perusahaan sudah diwajibkan menyertakan persyaratan terdaftar di BPJS,” katanya.

Terkait perusahaan yang hingga kini tak registrasi BPJS terangnya akan terus dilakukan kunjungan dan pembinaan ke perusahaan yang belum registrasi. Seperti diketahui berdasarkan data BPJS Kesehatan perusahaan yang tidak patuh membayar iuran juga masih besar yaitu 123 perusahaan. Dengan estimasi kerugian Rp 2,8 miliar.

Kata Benjamin, penegakan kepatuhan saat ini belum bisa optimal karena secara sistem belum diterapkan keterpaduan dan terintegrasi. “Kita harapkan dengan adanya regulasi di awal di DPMPTSP ini akan mencapai target semesta 2019,” ujarnya.

Sementara kepala kantor cabang Banjarmasin BPJS Ketenagakerjaan, Dody Latpurianto mengatakan dengan adanya regulasi ini perusahaan yang akan mengurus perijinan sudah tak bisa lepas lagi untuk tidak registrasi BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Polsek Banjarbaru Barat Rutin Beri Himbauan Prokes dan Kamtibmas

Polsek Banjarbaru Barat merupakan jajaran Polres Banjarbaru, anggota Polsek Banjarbaru Bar…