Home Kalsel Korban Kapal Motor Satya Kencana IX Sudah Terima Asuransi PT Jasa Raharja Banjarmasin

Korban Kapal Motor Satya Kencana IX Sudah Terima Asuransi PT Jasa Raharja Banjarmasin

4 min read
0
0
17

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Banjarmasim M Zulhan Pane mengatakan, PT Jasa Raharja (Persero) sudah membayarkan asuransi bagi korban meninggal dan luka akibat terbakarnya KM Satya Kencana IX, Sabtu (4/8/2018) lalu.

“Korban KM Satya Kencana  sudah diberi santunan yang memang sudah menjadi tanggungjawab perseroan,” katanya Kamis (9/8).

Kata Zulhan, dalam musibah ini, PT Jasa Raharja sudah membayarkan klaim asuransi bagi satu korban meninggal dunia, dan empat penumpang yang dirawat di rumah sakit.

“Setelah kami evaluasi, teridentifikasi satu orang meninggal atas nama Fauzi asal Bangkalan, Madura, serta empat orang mengalami luka-luka dan dirawat di rumah sakit,” ujarnya.

Diungkapkannya, santunan bagi korban meninggal dunia, telah dibayarkan pada 5 Agustus 2018 lalu, melalui cabang PT Jasa Raharja di Pemekasan, Jawa Timur, sebesar Rp 50 juta.

Sementara, empat korban yang dirawat di empat rumah sakit berbeda, yakni RSUD Ulin Banjarmasin, RS Bhayangkara Banjarmasin, RS Idaman Banjarbaru, dan RS TPT dr Soeharsono Banjarmasin, masing-masing mendapat santunan Rp 20 juta.

Tragedi kebakaran Kapal Motor Satya Kencana IX turut menghanguskan 90 unit kendaraan yang ludes terbakar. Kapal milik PT Darma Lautan Utama itu terbakar di Laut Jawa pada Sabtu (4/8) pukul 06.35 wita.

Berdasarkan manifest, KM Satya Kencana IX berbobot 11.657 GT dinahkodai oleh Sucipto Utomo. Kapal semula bertolak dari Makassar ke Surabaya, sebelum melanjutkan perjalanan ke Banjarmasin. Dari Makassar ke Surabaya, kapal membawa 65 penumpang yang terdiri atas 60 orang dewasa, 3 jiwa anak-anak, dan dua orang bayi.

KM Satya Kencana IX rute turut memuat barang sebanyak 48 unit, yang terdiri dari sepeda motor 7 unit, mobil kecil 6 unit, truk sedang 5 unit, dan truk besar 30 unit.

Setelah tiba di Tanjung Perak, kapal melanjutkan rute Surabaya-Banjarmasin pada Jumat (3/8) dengan mengangkut 198 orang yang terdiri atas 193 jiwa dewasa dan 5 orang anak-anak. Kapal juga membawa angkutan kendaraan sebanyak 93 unit, di antaranya 9 sepeda motor, 25 unit mobil kecil, 9 unit truk sedang, dan 50 unit truk besar.

Manager Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, Anton Wahyudi, mengatakan asuransi akan menanggung semua kerugian barang yang ikut terbakar dalam tragedi KM Setya Kencana IX. “Semua unit kendaraan di tanggung oleh asuransi,” kata Anton Wahyudi

Menurut dia, jumlah barang yang diganti oleh pihak asuransi sesuai premi yang dibayar oleh pelanggan. Nominal asuransi truk, kata Anton, bisa mencapai Rp 160.000.000. Selain itu, ia mengatakan DLU memberi santunan kepada pemilik barang dan korban. Namun, Anton tak menyebutkan detail berapa nominal santunan setiap korban. “Dari pihak PT DLU akan ada santunan untuk pemilik,” cetus Anton

rel.hms

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Kalsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Operasi Yustisi Pasukan Gabungan Ke Pasar Tradisonal Cegah Covid-19

Personil Polsek Banjarbaru Barat jajaran Polres Banjarbaru, melaksanakan kegiatan Pendisip…