Home Berita LSM KAKI Kritisi Pelaksanaan Proyek Pemerintah

LSM KAKI Kritisi Pelaksanaan Proyek Pemerintah

2 min read
0
0
162

Langkah badan usaha milik negara menjadi lokomotif pembangunan infrastruktur sangat diapresiasi. Namun, pembangunan infrastruktur tersebut sebaiknya diawasi bersama-sama supaya tidak merugikan masyarakat.

”Apabila biaya proyek digelembungkan, ketika infrastruktur terbangun, nanti masyarakat pengguna infrastruktur yang menanggungnya dalam bentuk tarif mahal,” kata Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Komite Anti Korupsi Indonesia Kaki Kalimantan Selatan (LSM KAKI Kalsel) Akhmad Husaini, Jumat (6/7).

Husaini menambahkan, penggembungan biaya proyek itu tidak sekadar merugikan negara, tetapi juga warga pengguna. Kerugiannya juga akan dialami dalam jangka panjang. Kini proyek-proyek infrastruktur skala besar di Indonesia memang dikerjakan badan usaha milik negara (BUMN).

Realisasi program pembangunan di Kalsel dalam bentuk pengerjaan proyek yang sumber dananya berasal dari APBD dan APBN harus mendapatkan pengawasan ketat dari semua pihak.

Menurutnya, baik pemerintah, DPRD dan aparat penegak hukum agar dapat menjalankan fungsinya masing-masing. Pemerintah harus mengambil langkah tegas jika ada aparat pemerintahan melakukan penyelewengan dana APBD atau APBD yang dikucurkan pemerintah dalam bentuk Alokasi Dana Desa (ADD) atau yang sekarang ini dikenal dengan istilah Dana Desa.

“Jika tidak diawasi, bisa saja akan terjadi korupsi dalam suatu proyek yang sebenarnya tujuannya adalah untuk menunjang pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini, hal yang paling rawan terjadi yaitu pemalsuan dokumen transaksi keuangan seperti kwitansi  dan lain sebagainya,” kata Husaini.

Kata Husaini, selama ini proyek yang ada di Balai Besar rata-rata nilai proyeknya  diatas Rp40 miliar. Bisa dibayangkan untuk wilayah di Kalsel dana miliaran rupiah itu untuk pembangunan infrastruktur jalan, waduk, dll. “Jadi wajar jika harus ada gerakan kesadaran dari masyarakat untuk ikut mengawasi proyek besar yang dilakukan di Kalsel,” katanya.

Res/nik

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Optimalkan Pelayanan Kepada Nasabah, Bank Kalsel Gandeng PT Pos Indonesia

Jakarta – Sebagai inisiatif dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, Bank Kalsel …