BPJS Kesehatan Teken MoU dengan UIN Antasari

oleh -148 views

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Banjarmasin menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Banjarmasin terkait penyelenggaraan jaminan kesehatan bagi mahasiswa.

“Melalui kerja sama ini mahasiswa baru di UIN nantinya harus memiliki kartu JKN, sedangkan mahasiswa lama mengurus Kartu Rencana Studi (KRS) harus memiliki JKN. Bagi yang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat diakomodasi,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kota Banjarmasin Wiwik, usai menyampaikan penandatanganan MoU dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari,  Senin (16/4/2018).

Diakuinya, mahasiswa belum semuanya terdaftar menjadi peserta JKN,  apalagi mereka hidup terpisah dengan orang tua sehingga ketika suatu saat sakit akan kesulitan biaya.

“Untuk itu BPJS meminta kepada perguruan tinggi mendaftarkan mahasiswa sebagai peserta JKN Kartu Indonesia Sehat. Dimana teknis kepesertaan mahasiswa dengan memasukan iuran melalui biaya SPP dan kemudian pihak universitas menyetorkan ke BPJS Kesehatan,” paparnya.

Rektor UIN Banjarmasin Mujiburahman mengatakan kerja sama ini merupakan sinergi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan. “Kami akan melakukan sosialisasi kepada mahasiswa terkait pentingnya JKN karena mencegah lebih baik dari pada mengobati,” ujar dia.

Karena menyangkut soal uang, kata Mujiburahman, pihaknya harus melakukan sosialisasi dulu soal BPJS kepada mahasiswa. Selain itu, juga akan dibentuk tim untuk membuat klinik kesehatan di UIN demi kepentingan bersama.

rel/hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.